PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN ESPAS DALAM PEMBELAJARAN BOLA VOLI BAGI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI BEDORO 4 KECAMATAN SAMBUNGMACAN KABUPATEN SRAGEN TAHUN AJARAN 2014/2015 SKRIPSI


Nadia Pramu Shinta , 6102411080 (2015) PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN ESPAS DALAM PEMBELAJARAN BOLA VOLI BAGI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI BEDORO 4 KECAMATAN SAMBUNGMACAN KABUPATEN SRAGEN TAHUN AJARAN 2014/2015 SKRIPSI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6102411080.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pembelajaran permainan bola voli yang sarana dan prasarananya kurang mendukung, serta kurangnya aplikasi ke dalam bentuk permainan modifikasi.Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa Pengembangan Model Permainan Espas Dalam Pembelajaran Bola Voli Pada Siswa Sekolah Dasar Negeri Bedoro 4 Kecamatan Sambungmacan, Kabupaten Sragen. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode pengembangan dengan langkah – langkah sebagai berikut: (1) melakukan analisis produk yang akan dikembangkan yang didapat dari hasil pengumpulan informasi, termasuk observasi lapangan dan kajian pustaka; (2) rancangan dan pengembangan draf produk, (3) uji coba lapangan awal (uji coba skala kecil) uji coba skala kecil dengan menggunakan 10 subyek uji coba, satu ahli penjas, dan satu ahli pendidikan jasmani, (4) revisi uji skala kecil, (5) uji coba lapangan skala besar yaitu dengan 20 subyek uji coba; (6) penyempurnaan produk akhir (final produk reversion).. Dari hasil rata-rata validasi ahli penjas pada uji coba I didapat prosentase sebesar 82,50% (baik). Sedangkan hasil prosentase dari ahli pembelajaran didapat 80 % (baik). Hasil Prosentase kuesioner siswa pada uji skala kecil adalah 86,66 % (baik). Sedangkan dari kuesioner siswa pada uji II diperoleh hasil prosentase 97,50% (sangat baik). Dari data diatas maka dapat disimpulkan bahwa model Permainan Espas ini dapat digunakan sebagai alternatif model pembelajaran penjasorkes bagi siswa kelas V SD Negeri Bedoro 4 Kecamatan Sambungmacan, Kabupaten Sragen. Saran bagi guru penjasorkes di sekolah dasar dapat menggunakan produk model Permainan Espas ini sebagai alternatif dalam menyampaikan materi pembelajaran penjasorkes disekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, permainan bola voli, espas.
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Kharisma Adhi Arya
Date Deposited: 03 Nov 2017 14:35
Last Modified: 03 Nov 2017 14:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27169

Actions (login required)

View Item View Item