PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK MELALUI PERMAINAN LOTON(LOMPAT KARTON) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KRAMAT 02 KECAMATAN KRAMAT KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2015/2016


BEJO RIYANTO, 6102914080 (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK MELALUI PERMAINAN LOTON(LOMPAT KARTON) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KRAMAT 02 KECAMATAN KRAMAT KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6102914080.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi awal di SD Negeri Kramat 02 kelas V tersebut masih mengalami kesulitan dalam melakukan lompat jauh gaya jongkok. Secara umum siswa memiliki kemampuan menengah kebawah, disamping bebrapa anak yang memiliki intelegensi diatas rata-rata. Dalam sebuah observasi pada Kelas V SD Negeri Kramat 02 dapat diketahui siswa tidak memliki antusias yang tinggi, masih ada rasa takut dalam melakukan gerakan lompat jauh, banyak siswa yang ngobrol pada saat menunggu giliran. Berdasarkan permasalahan tersebut diatas tujuan yang ingin dicapai dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah Untuk meningkatkan antusiasme siswa, proses minat, serta siswa berperan aktif dan meningkatkan hasil pembelajaran Lompat Jauh gaya jongkok melalui pendekatan bermain pada kelas V SD Negeri Kramat 02 Tahun Pelajaran 2015/2016 dan Penerapan model pembelajaran permainan loton mempunyai dampak yang positif bagi perkembangan dan kemajuan siswa dalam pembelajaran lompat jauh. Metode Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Kramat 02 Kecamatan Kramat yang berjumlah 33 siswa yakni 17 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, dan dokumentasi atau Arsip. Hasil penelitian menunjukan siklus 1 rata-rata hasil belajar siswa untuk aspek kognitif, afektif dan psikomotor adalah 66 sedangkan untuk siklus 2 ratarata hasil belajar siswa untuk aspek kognitif, afektif dan psikomotor adalah 83. Sehingga dapat melihat selisih nilai rata-rata siklus 1 dan siklus 2 yaitu 17. Diperoleh kesimpulan bahwa, peningkatan hasil belajar siswa dengan pembelajaran lompat jauh dengan mengunakan metode bermain lompat karton pada kelas V SD Negeri Kramat 02 Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal mengalami peningkatan yang baik. Hal ini dilihat dari jumlah rata- rata kriteria hasil belajar siswa pada setiap siklusnya. Saran yang dapat disampaikan penyusun sehubungan dengan hasil penelitian ini, antara lain adalah Bagi guru, perlu adanya inovasi dan kreatifitas dalam penyampaian materi didalam proses pembelajaran Bagi siswa, setelah mengikuti pembelajaran lompat jauh gaya jongkok menggunakan karton, diharapkan lebih berminat untuk mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani khususnya cabang lompat. Perlu diadakanya penelitian sejenis pada materi pembelajaran lain dengan memperhatikan faktorfaktor dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: alat bantu, hasil belajar, lompat jauh, gaya jongkok
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 03 Nov 2017 14:25
Last Modified: 03 Nov 2017 14:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27168

Actions (login required)

View Item View Item