MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LARI CEPATMELALUI PERMAINAN BILLACILTA PADASISWAKELAS IV SDN 01 PRINGSURAT KECAMATAN KAJEN KABUPATEN PEKALONGAN TAHUN 2015/2016


WARYUTI , 6102914072 (2016) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LARI CEPATMELALUI PERMAINAN BILLACILTA PADASISWAKELAS IV SDN 01 PRINGSURAT KECAMATAN KAJEN KABUPATEN PEKALONGAN TAHUN 2015/2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6102914072.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran lari Sprint pada siswa kelas IV SDN 01 Pringsurat Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan nilainya masih banyak yang rendah dibawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yaitu 75, disebabkan beberapa hal diantaranya anak kurang antusias dengan materi lari Sprint. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah permainan billacilta dapat meningkatkan hasil belajar lari cepat pada siswa kelas IV SDN 01 Pringsurat Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan tahun 2015/2016. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran lari cepat pada siswa kelas IV SDN 01 Pringsurat Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan tahun 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan 2 siklus, dimana masing-masing siklus terdiri atas: 1). Perencanaan; 2). Pelaksanaan tindakan; 3). Pengamatan; dan 4). Refleksi. Penelitian yang dilakukan mencakup 3 ranah, yaitu ranah kognitif, ranah afektif dan ranah psikomotor. Instrumen yang digunakan dalam pengambilan data diperoleh dari hasil tes unjuk kerja yang ditampilkan siswa saat pelaksanaan tes. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk membandingkan kondisi sebelum dan sesudah diadakan tindakan perbaikan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar gerak lari cepat dengan media permainan Billacilta di kelas IV SDN 01 Pringsurat Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan berdampak positif ini terlihat pada hasil ketuntasan belajar yang mengalami peningkatan yaitu pada siklus I ketuntasan belajar mencapai 62,5% sedangkan pada siklus II ketuntasan belajar mencapai 87,5%. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran gerak dasar lari cepat dengan media permainan billacilta mempunyai pengaruh positif, yaitu dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan metode pembelajaran tersebut sehingga mereka menjadi termotivasi untuk belajar. Harapan peneliti, dengan di laksanakannya penelitian ini dapat memperbaiki metode pembelajaran yang dilakukan sebelumnya sehingga mutu pendidikan dapat di tingkatkan sesuai dengan standar kompetensi sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: permainan Billacilta, hasil belajar, lari cepat
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 03 Nov 2017 14:22
Last Modified: 03 Nov 2017 14:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27167

Actions (login required)

View Item View Item