OPTIMALISASI PEMBELAJARAN ROLL BELAKANG MELALUI BENTUK BULAT TUBUH BAGI SISWA KELAS V SD NEGERI WATES 02 KECAMATAN WONOTUNGGAL KABUPATEN BATANG


AGUS KUSNANDAR , 6102914071 (2016) OPTIMALISASI PEMBELAJARAN ROLL BELAKANG MELALUI BENTUK BULAT TUBUH BAGI SISWA KELAS V SD NEGERI WATES 02 KECAMATAN WONOTUNGGAL KABUPATEN BATANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6102914071.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah pembelajaran gerak dasar roll belakang yang dilaksanakan sebelumnya mengalami kegagalan. Rumusan masalah bagaimana melalui pendekatan melalui bentuk bulat tubuh dapat meningkatkan hasil belajar roll belakang. Tujuan yang diharapkan adalah untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar roll belakang. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri wates 02 Kecamatan Wonotunggal Kabupaten Batang Tahun 2016 berjumlah 22 siswa yang terdiri dari 11 siswa putra dan 11 siswa putri. Sumber data berasal dari siswa. Teknik pengumpulan data dengan angket atau kuisioner, dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan menggunakan teknik ketuntasan dengan persentase untuk melihat peningkatan hasil belajar antar siklus. Hasil penelitian terdapat peningkatan hasil belajar gerak dasar roll belakang pada siklus 1 ke siklus 2 yang meliputi penilian aspek kognitif, afektif dan psikomotor adalah sebagai berikut : Kognitif dari 54,55% meningkat menjadi 100%, Afektif dari 50% meningkat menjadi 81,82%, psikomotor dari 50% menjadi 72,27%. Sehingga persentase ketuntasan klasikal hasil belajar dari 59,09% pada siklus 1 meningkat menjadi 86,36% pada siklus ke 2. Dengan melihat indikator keberhasilan persentase ketuntasan klasikal diatas 80% maka pada siklus II telah tercapai hasil belajar yang diinginkan. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa roll belakang melalui bentuk bulat tubuh dapat meningkatkan hasil belajar gerak dasar roll belakang bagi siswa kelas V SD Negeri Wates 02 Kecamatan Wonotunggal Kabupaten Batang Tahun 2016. Penulis menyarankan agar para guru pendidikan jasmani Sekolah Dasar untuk senantiasa menciptakan inovasi-inovasi yang baru dalam menyajikan materi pembelajaran sehingga proses pembelajaran lebih menarik bagi siswa dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Roll Belakang ,Bentuk Bulat Tubuh
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 03 Nov 2017 14:19
Last Modified: 03 Nov 2017 14:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27165

Actions (login required)

View Item View Item