PEMBELAJARAN PERMAINAN BOLA TEMBAK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GERAK LARI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI BANYUPUTIH 04 TAHUN 2016


SAFIUDIN , 6102914069 (2016) PEMBELAJARAN PERMAINAN BOLA TEMBAK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GERAK LARI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI BANYUPUTIH 04 TAHUN 2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6102914069.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Dalam proses pembelajaran pada siswa kelas IV SD Negeri Banyuputih 04 khususnya pada pembelajaran lari masih dibawah KKM, ini karena metode dan strategi pembelajaran lari yang belum sesuai. Permasalahan ini menjadi landasan dilaksanakannya penelitian melalui permainan bola tembak. Dari permasalahan yang dihadapi pada pembelajaran lari, maka peneliti merasa tertarik melakukan penelitian tindakan kelas pada siswa kelas IVSD Negeri Banyuputih 04. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar lari melalui permainan Bola Tembak pada siswa kelasIV SD Negeri Banyuputih 04 tahun pelajaran 2015/2016. Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tahap siklus I dan tahap siklus II. Tindakan yang dilakukan pada tiap siklus meliputi : (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VSD Negeri Banyuputih 04tahun pelajaran 2015/2016, sebanyak 21 siswa yang terdiri 12 siswa putri dan 9 siswa putra. Instrumen yang di gunakan dalam penelitian ini adalah tes,unjukkerja siswa, lembar pengamatan, dan tes tertulis. Hasil penelitian didapatkan persentase ketuntasan belajar pada siklus satu menunjukkan bahwa 76,2% atau 16 siswa mencapai ketuntasan belajar, kemudian dilanjutkan ke siklus II dan hasilnya menunjukkan bahwa sudah 96,4% atau 20 siswa mencapai ketuntasan belajar dari 21 siswa. Karena persentase ketuntasan klasikal hasil belajar siswa sudah mencapai 96,4% maka penelitian tindakan kelas ini telah mencapai indikator keberhasilan. Simpulan penelitian ini adalah pembelajaran lari dengan melalui permainan bola tembak dapat meningkatkan ketrampilan lari kelas IV SD Negeri Banyuputih 04 tahun pelajaran 2015/2016. Saran peneliti meliputi beberapa hal, yaitu : (1) Guru harus mampu melakukan pemilihan metode pembelajaran yang sesuai dengan materi yang diajarkan pada pembelajaran lari, (2)Guru hendaknya lebih kreatif dan inovatif dalam menerapkan metode saat menyampaikan pembelajaran lari, (3) Guru hendaknya menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan pada siswa sehingga siswa dapat lebih tertarik dalam mengikuti pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Lari, Teknik Berlari, Permainan Bola Tembak
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 03 Nov 2017 14:17
Last Modified: 03 Nov 2017 14:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27164

Actions (login required)

View Item View Item