PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SEJARAH INDONESIA MATERI POKOK PERJUANGAN MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN DARI ANCAMAN SEKUTU DAN BELANDA KELAS XI MIIA DI SMA NEGERI 1 BOJA


Rizki Amaliyah , 3101412080 (2016) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SEJARAH INDONESIA MATERI POKOK PERJUANGAN MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN DARI ANCAMAN SEKUTU DAN BELANDA KELAS XI MIIA DI SMA NEGERI 1 BOJA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3101412080.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kemerdekaan dari Ancaman Sekutu dan Belanda Pengembangan bahan ajar berbentuk handout adalah bahan ajar yang dibuat untuk mengatasi minimnya bahan ajar yang selama ini digunkaan di SMA Negeri 1 Boja. Maka dari itu dibutuhkan bahan ajar yang lebih inovatif dan menarik dalam pembelajaran sejarah yaitu berupa handout.Tujuan dari penelitian ini antara lain: (1) mendeskripsikan dan menganalisis bahan ajar yang selama ini digunakan di SMA Negeri 1 Boja, (2) menghasilkan dan Menganalisis bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan belajar peserta didik di SMA Negeri 1 Boja (3) mengetahui dan menganalisis kelayakan bahan ajar sejarah Indonesia materi pokok perjuangan mempertahankan kemerdekaan dari ancaman Sekutu dan Belanda. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R & D) yang dikelompokan menjadi tiga tahapan yakni tahap penahuluan, tahap pengembangan dan tahap evaluasi berupa validasi untuk mengetahui kelayakan. Pada studi pendahuluan untuk perencanaan bahan ajar di SMA Negeri 1 Boja menggunakan teknik wawancara untuk guru dan angket analisis kebutuhan untuk peserta didik dan dokumentasi. Penilaian kelayakan handout menggunkaan intrumen penilaian oleh ahli materi dan media serta praktisi. Uji kelayakan kecil menggunakan respon siswa kelas XI MIIA 2. Hasil dari penelitian ini berdasarkan wawancara dengan guru dan angket analisis kebutuhan peserta didik menunjukan bahwa buku ajar yang selama ini digunakan dalam pembelajaran sejarah hanya LKS dan Buku paket, sedangkan pengembangan bahan ajar belum pernah di kembangkan sebelumnya. Berdasarkan tingkat kelayakan hasil validasi tahap II oleh ahli materi dan ahli media, handout menunjukan rata-rata hasil 96,9% untuk validasi ahli materi dan 85% untuk validasi ahli media. Selain itu didapat hasil analisis tanggapan guru sebesar 90 %, serta hasil analisis tanggapan peserta didik sebesar 89,89 %. Dengan demikian handout ini layak digunakan sebagai bahan ajar sejarah materi pokok perjuangan mempertahankan kemerdekaan dari ancaman Sekutu dan Belanda. Saran yang dapat diberikan yaitu handout yang telah dikembangkan dalam penelitian ini dapat digunakan dalam pembelajaran Sejarah Indonesia materi pokok perjuangan mempertahakan kemerdekaan dari ancaman Sekutu dan Belanda.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Bahan Ajar, Perjuangan Mempertahankan
Subjects: L Education > Special Education > History Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 03 Nov 2017 14:13
Last Modified: 03 Nov 2017 14:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27163

Actions (login required)

View Item View Item