UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN SEPAK BOLA PASSING KAKI BAGIAN DALAM MELALUI PERMAINAN PASS BOI PADA SISWA KELAS VSD NEGERI 3 WONOSARI PEGANDONKABUPATEN KENDAL TAHUN 2016


Zainal Abidin , 6102914062 (2016) UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN SEPAK BOLA PASSING KAKI BAGIAN DALAM MELALUI PERMAINAN PASS BOI PADA SISWA KELAS VSD NEGERI 3 WONOSARI PEGANDONKABUPATEN KENDAL TAHUN 2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6102914062.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Hasil pembelajaran Penjasorkes pada passing kaki bagian dalam di SDN 3 Wonosari berjalan dengan baik, akan tetapi hasilnya kurang optimal, hal ini dapat dilihat dari catatan hasil pembelajaran passing kaki bagian dalam permainan sepak bola mini semester 2 tahun pembelajaran 2015/2016 mengenai kemampuan siswa dalam penguasaan gerak dasar passing kaki dalam, juga bisa dilihat dari nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM=75) hanya 61,53% atau 8 anak dari 13 anak jumlah siswa kelas V masih dibawah KKM, dan 5 anak atau 38,46 % saja yang nilai KKMnya ≤ 75, dimana KKM penjasorkes kelas V SDN 3 Wonosari adalah 75.Untuk meningkatkan hasil belajar passing kaki bagian dalam peneliti menerapkan model pembelajaran dengan modifikasi permainan passing boi(passboi)karena permainan boi-boian tersebut sangat digemari siswa dengan tujuan siswa dapat dengan mudah menerima materi passing bola dengan baik karena permainan passboi adalah modifikasi dari passing bola dan boi-boian Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, melalui permainan passboi yang berlangsung dua siklus, tiap siklus satu kali pertemuan yang terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 3 Wonosari kecamatan Pegandon Kabupaten Kendal tahun 2015/2016, yang berjumlah 13 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes unjuk kerja. pengolahan datanya menggunakan deskritif prosentase. Berdasarkan Hasil penelitian pada siklus 1, aspek kognitif tuntas 53,84 %, tidak tuntas 46,15 % , aspek afekif tuntas 53,84 % dan tidak tuntas 46,15%, aspek psikomotor tuntas 53,84 % dan tidak tuntas 46,15 %. Hasil belajar siswa secara klasikal tuntas 6 siswa ( 46,15 %) dan tidak tuntas 7 siswa (53,84%). Pada Hasil penelitian pada siklus 2, aspek kognitif tuntas 100% dan tidak tuntas 0%, aspek afekif tuntas100% ,aspek psikomotor tuntas 69,23% dan tidak tuntas 30,77 % dan ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal 10 siswa ( 76,92%). Dalam penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan ketuntasan hasil belajar secara klasikal sebesar 46,15 %, dari siklus 1 yang meningkat menjadi 76,92 % pada siklus 2, dari 13 siswa jumlah kelas V pada siklus 2 siswa yang tuntas 10 siswa atau 76,92% dan tidak tuntas hanya 3 siswa atau 23,07%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa permainan passing boi (passboi)dapat meningkatkan hasil passing kaki dalam pada siswa kelas V SD Negeri 3 Wonosari Kecamatan Pegandon Kabupaten Kendal tahun 2015/2016. Saran permainan passboi dapat dijadikan alternatif pilihan model pembelajaran passing kaki bagian dalam pada sepak bola mini.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar,Passing kaki bagian dalam,Modifikasi Permainan Passboi
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 03 Nov 2017 14:10
Last Modified: 03 Nov 2017 14:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27161

Actions (login required)

View Item View Item