PENINGKATAN HASIL BELAJAR TEKNIK MELEMPAR BOLA KASTI MELALUI PERMAINAN BALOTELI PADA SISWA KELAS IV SD IT MUHAMMADIYAH TRUKO KANGKUNG KABUPATEN KENDAL TAHUN 2016


Heru Nugroho , 6102914060 (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR TEKNIK MELEMPAR BOLA KASTI MELALUI PERMAINAN BALOTELI PADA SISWA KELAS IV SD IT MUHAMMADIYAH TRUKO KANGKUNG KABUPATEN KENDAL TAHUN 2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6102914060.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar melempar pada kasti di SD IT Muhammadiyah Truko masih di bawah KKM yang sudah ditentukan yaitu 75, ini karena kurangnya motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran dan orientasi siswa yang selalu ingin bermain sepak bola dalam setiap pelajaran penjasorkes. Permasalah ini menjadi landasan dilaksanakannya penelitian melalui modifikasi permainan baloteli yang menggunakan bola tenis yang diikat dengan tali elastis. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah melalui permainan baloteli dapat meningkatkan hasil belajar melempar pada kasti bagi siswa kelas IV SD IT Muhammadiyah Truko tahun ajaran 2015/2016? Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar melempar pada kasti melalui permainan baloteli bagi siswa kelas IV SD IT Muhammadiyah Truko tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dalam pelaksanaan terdiri dari dua siklus dilaksanakan satu kali pertemuan dan terdiri dari empat tahapan yaitu : perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD IT Muhammadiyah Truko yang berjumlah 25 orang yang terdiri dari 10 siswa putri dan 15 siswa putra. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah unjuk kerja siswa, tes, lembar pengamatan dan tes tertulis. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan hasil ketuntasan belajar pada siklus I, aspek psikomotor 18 siswa (72%), aspek afektif 18 siswa (18%), aspek kognitif 18 siswa (72%), dan ketuntasan belajar klasikal 18 siswa (72 %) dari 25 Siswa. Pada siklus II aspek psikomotor 24 siswa (96%), aspek afektif 23 siswa (92%), aspek kognitif 22 siswa (88%), dan ketuntasan belajar siswa secara klasikal 23 siswa (92%) dari 25 siswa. Dalam penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan ketuntasan belajar siswa secara sebesar 20% dari siklus I 72% menjadi 92% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka disimpulkan bahwa melalui permainan baloteli dalam pembelajaran melempar pada kasti dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD IT Muhammadiyah Truko tahun pelajaran 2015/2016. Saran bagi siswa teknik dasar melempar pada kasti dapat dikembangkan pada permanan kasti yang sebenarnya. Bagi guru, pembelajaran yang kreatif dan menyenangkan dapat digunakan pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Bagi sekolah, dukungan terhadap pelaksanaan penelitian tindakan kelas harus diberikan sehingga dapat meningkatkan kualitas pendidikan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Kasti, Melempar, Permainan Baloteli
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 03 Nov 2017 14:06
Last Modified: 03 Nov 2017 14:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27160

Actions (login required)

View Item View Item