PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SEJARAH MATERI JEJAK PERJUANGAN MOHAMMAD HATTA DALAM PERJUANGAN KEMERDEKAAN INDONESIA PADA SISWA KELAS XI MA NEGERI TEMANGGUNG TAHUN AJARAN 2015/2016


Siti Rahmawati , 3101412079 (2016) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SEJARAH MATERI JEJAK PERJUANGAN MOHAMMAD HATTA DALAM PERJUANGAN KEMERDEKAAN INDONESIA PADA SISWA KELAS XI MA NEGERI TEMANGGUNG TAHUN AJARAN 2015/2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3101412079.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pengembangan bahan ajar berbentuk handout dibuat untuk mengatasi keterbatasan bahan ajar di MA Negeri Temanggung dan sebagai pelengkap serta pendamping materi sejarah. Tujuan dari penelitian ini antara lain: (1) menjelaskan kebutuhan peserta didik akan pengembangan bahan ajar sejarah perjuangan Mohammad Hatta, (2) mengembangkan desain pengembangan bahan ajar sejarah berbasis handout pada materi perjuangan Mohammad Hatta dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia, (3) mengetahui kelayakan bahan ajar sejarah berbasis handout materi perjuangan Mohammad Hatta dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia dilihat dari hasil validasi yang dilakukan oleh ahli materi dan ahli media, praktisi dan respon peserta didik. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan atau Research and Development. yang dikelompokan menjadi tiga tahapan yakni tahap pendahuluan, tahap pengembangan dan tahap validasi atau kelayakan. Studi pendahuluan untuk tahap perencanaan bahan ajar di MA Negeri Temanggung menggunakan teknik wawancara dan angket untuk guru dan peserta didik. Penilaian kelayakan handout menggunakan instrument penilaian oleh ahli materi dan praktisi serta oleh ahli media. Uji kelayakan kecil menggunakan respon siswa kelas XI IPS 2. Hasil analisis kebutuhan berupa angket kebutuhan guru dan peserta didik serta wawancara dengan guru dan peserta didik menunjukkan bahwa pembelajaran sejarah di MA Negeri Temanggung hanya menggunakan Buku Paket dan LKS, sedangkan pengembangan bahan ajar berbentuk handout belum pernah dilakukan. Handout Perjuangan Mohammad Hatta dirancang dan disusun dengan sumber referensi yang relevan. Tingkat kelayakan dari ahli materi dan praktisi menunjukkan nilai rata-rata 96% dan ahli media memperoleh nilai ratarata 88%. Berdasarkan kriteria penilaian handout ini baik sekali untuk dijadikan bahan ajar dalam proses pembelajaran sejarah. Selain itu, hasil respon siswa menunjukkan bahwa 81% sangat setuju menggunakan handout ini dalam pembelajaran sejarah. Dengan demikian, handout ini layak digunakan sebagai bahan ajar sejarah Indonesia. Saran yang dapat diberikan yaitu handout yang telah dikembangkan dalam penelitian ini dapat digunakan sebagai pelengkap dan penunjang dalam proses pembelajaran sejarah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar Sejarah, Handout, Jejak Perjuangan Mohammad Hatta
Subjects: L Education > Special Education > History Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 03 Nov 2017 14:04
Last Modified: 03 Nov 2017 14:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27159

Actions (login required)

View Item View Item