PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELEMPAR PADA PERMAINAN KASTI MELALUI PENDEKATAN LEMPAR SASARAN PADA SISWA KELAS IV SDN SOMOKATON I KECAMATAN NGLUWAR KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016
SUHARDI , 6102914059 (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELEMPAR PADA PERMAINAN KASTI MELALUI PENDEKATAN LEMPAR SASARAN PADA SISWA KELAS IV SDN SOMOKATON I KECAMATAN NGLUWAR KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Hasil pembelajaran Penjas melempar pada permainan kasti di SD Negeri Somokaton 1 masih kurang optimal. Hal ini dapat dicatat dari hasil pembelajaran melempar pada permainan kasti semester 2 Tahun Pelajaran 2015/2016, mengenai penguasaan siswa dalam gerak dasar melempar bisa dilihat dari Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang hanya 6 anak (37,5%) dari 16 anak masih 10 anak 62,5% yang masih di bawah KKM. SD Negeri Somokaton 1 Kecamatan Ngluwar Kabupaten Magelang KKMnya (75). Apakah penggunaan metode pendekatan lempar sasaran dapat meningkatkan hasil belajar melempar pada permainan kasti. Adapun tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar melempar pada permainan kasti melalui permainan lemon pada mata pelajaran Penjas di SD Negeri Somokaton 1 Kecamatan Ngluwar Kabupaten Magelang TahunPelajaran 2015/2016. Penelitian tindakan kelas ini melalui lempar dengan pendekatan lempar sasaran yang berlangsung 2 siklus. Tiap siklus 1 kali pertemuan yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Somokaton 1 Kecamatan Ngluwar Kabupaten Magelang yang berjumlah 16 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes unjuk kerja. Pengolahan data menggunakan deskriptif prosentase. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus 1, aspek kognitif tuntas 43,75%, tidak tuntas 56,25%, aspek afektif tuntas 68,75%, tidak 43,75%. Tuntas 31,25%, aspek psikomotor tuntas 56,25% tidak tuntas 43,75%. Secara klasikal dari 16 siswa tuntas, 11 siswa (68,75%) dan tidak tuntas 5 siswa (31,25%). Hasil penelitian pada siklus 2, aspek kognitif tuntas 12 siswa (75%) tidak tuntas 4 siswa (25%), aspek afektif tuntas 14 siswa (87,5%) tidak tuntas 2 siswa (12,5%). Ketuntasan belajar siswa secara klasikal 16 siswa, tuntas 14 siswa (87,5%) dan tidak tuntas 2 siswa (12,5%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa lempar sasaran dapat meningkatkan hasil pembelajaran melempar pada permainan bola kecil kasti pada siswa kelas IV SD Negeri Somokaton 1 Kecamatan Ngluwar Kabupaten Magelang. Saran bagi guru Penjaskes hendaknya permainan jadikan suatu model pembelajaran di setiap cabang olahraga yang inovatif dan kreatif..
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar, melempar, tepat sasaran |
Subjects: | O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 ) O Sport > Ilmu Keolahragaan O Sport > Education, Training, Research |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1 |
Depositing User: | Users 7 not found. |
Date Deposited: | 03 Nov 2017 14:03 |
Last Modified: | 03 Nov 2017 14:03 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27158 |
Actions (login required)
View Item |