PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN SEJARAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS MAN TEMANGGUNG


Ardhian Ramadhany, 3101412075 (2016) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN SEJARAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS MAN TEMANGGUNG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3101412075.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

MAN Temanggung merupakan sekolah yang sudah menerapkan kurikulum 2013, namun sekolah ini kurang menerapkan inovasi model-model pembelajaran khususnya sejarah, siswa juga cenderung kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran sejarah. Model pembelajaran Project Based Learning adalah sebuah pembelajaran yang inovatif dan lebih menekankan pada belajar konstektual melalui kegiatan-kegiatan yang kompleks. Tiga ranah hasil belajar yaitu kognitif, afektif dan psikomotorik, untuk itu proses belajar pada dasarnya ditandai dengan perubahan tingkah laku secara keseluruhan baik yang paling sederhana sampai pada yang paling menyangkut segi kognitif, afektif dan psikomotorik. Diantara ketiga ranah itu, ranah kognitiflah yang paling dan banyak dinilai oleh para guru disekolah karena berkaitan dengan kemampuan para siswa dalam menguasai isi pengajaran. Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimanakah hasil belajar sejarah siswa kelas XI IPS 1 MAN Temanggung yang diajarkan dengan menggunakan pembelajaran project based learning? 2) Pengaruh hasil belajar sejarah menggunakan model pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS 1 MAN Temanggung? Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif jenis quasi eksperimental design. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI IPS MAN Temanggung tahun ajaran 2015/2016. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS 1.Variabel dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Project Based Learning dan hasil belajar. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes, angket dan dokumentasi. Penelitian menunjukkan bahwa, hasil belajar siswa yang menggunakan model Project Based Learning memiliki nilai rata-rata 82.94. Simpulannya adalah (1) Hasil belajar siswa kelas XI IPS 1 dalam pembelajaran yang mennggunakan model pembelajaran Project Based Learning mengalami peningkatan yang cukup baik. (2) Terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Project Based Learning terhadap hasil belajar sejarah. Hal ini dilihat dari besarnya pengaruh penggunaan model pembelajaran project based learning adalah 73,3%, ini menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran project based learning merupakan factor yang cukup dominan dalam menentukan meningkat atau tidaknya hasil belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Model Pembelajaran Project Based Learning, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > Special Education > History Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 03 Nov 2017 14:00
Last Modified: 03 Nov 2017 14:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27157

Actions (login required)

View Item View Item