UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI MINI MELALUI GAYA MENGAJAR INKLUSI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI MRISEN 2 KECAMATAN WONOSALAM KABUPATEN DEMAK TAHUN 2014/2015


Dian Sapta Wijaya, 6102411070 (2015) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI MINI MELALUI GAYA MENGAJAR INKLUSI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI MRISEN 2 KECAMATAN WONOSALAM KABUPATEN DEMAK TAHUN 2014/2015. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6102411070.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan beberapa faktor seperti kurangnya kreatifitas guru dalam melaksanakan pembelajaran yang akan dilaksanakan, serta kurangnya pengetahuan siswa dalam melaksanakan pembelajaran secara langsung ke materi pokoknya. Dengan tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar Passing bawah Bola Voli Mini Melalui Gaya mengajar Inklusi di SD Negeri Mrisen 2 Kecamatan Wonosalam KabupatenDemak. Penelitian dilaksanakan dua siklus, dengan tiap siklus terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Mrisen 2 yang berjumlah 27 anak terbagi atas 21 anak berjenis kelamin laki-laki dan 6 anak berjenis kelamin perempuan. Sumber data terdiri dua yaitu (1) data primer yaitu, hasil belajar dan proses pembelajaran Passing bawah Bola Voli Mini siswa kelas V SD Negeri Mrisen 2 tahun pelajaran 2014/2015, (2) data skunder yaitu, berupa RPP, Silabus dan dokumen. Teknik pengumpulan data melalui tes kemampuan passing bawah bola voli mini dan observasi dari proses kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, gaya mengajar inklusi dapat meningkatkan hasil belajar Passing bawah bola Voli Mini pada siswa kelas V SD negeri Mrisen 2 tahun pelajaran 2014/2015. Kondisi awal sebelum dilakukan Penelitian , siswa yang tuntas hanya 4 siswa. Pada siklus 1 peningkatan hasil belajar menjadi 18 siswa atau 65%. Pada siklus 2 meningkat menjadi 23 siswa atau 85,18%. Gaya mengajar inklusi memberi kontribusi yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar Passing bawah Bola Voli Mini . Dengan penerapan gaya mengajar inklusi siswa belajar Passing bawah bola voli mini sesuai kemampuannya masing-masing. Karena gaya mengajar inklusi merupakan bentuk pembelajaran yang dirancang dari bentuk pembelajaran mudah, sedang dan sulit. Simpulan penelitian ini sebagai berikut: Gaya mengajar inklusi dapat meningkatkan hasil belajar dari kondisi awal ke siklus 1 sebesar 40.62%. Dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 20,18%. Peningkatan ketuntasan hasil belajar secara keseluruhan dari kondisi awal ke siklus 2 sebesar 69,18%, oleh karena itu saran sayahendaknya penelitian ini digunakan sebagai alternative dalam melaksanakan pembelajaran Passing Bawah Bola Voli Mini.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan passing bawah bola voli mini dengan gaya inklusi
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Kharisma Adhi Arya
Date Deposited: 03 Nov 2017 14:06
Last Modified: 03 Nov 2017 14:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27156

Actions (login required)

View Item View Item