PENGEMBANGAN BAHAN AJAR HANDOUT SEJARAH INDONESIA MATERI POKOK PERISTIWA SEKITAR PROKLAMASI DAN PERANAN ULAMA DI MA NU MU’ALLIMAT KUDUS


Nur Hikmah , 3101412072 (2016) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR HANDOUT SEJARAH INDONESIA MATERI POKOK PERISTIWA SEKITAR PROKLAMASI DAN PERANAN ULAMA DI MA NU MU’ALLIMAT KUDUS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3101412072.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Studi pendahuluan yang telah dilakukan di MA NU Mu‟allimat Kudus menunjukkan bahwa uraian materi yang singkat dalam bahan ajar yang digunakan kurang memberi pemahaman pada siswa. Maka dari itu perlu adanya pengembangan bahan ajar di MA NU Mu‟allimat Kudus. Pengembangan bahan ajar berbentuk handout adalah bahan ajar dibuat untuk mengatasi minimnya bahan ajar untuk kelas XI IPA dan sebagai pelengkap dan pendamping materi sejarah. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan dan menganalisis bahan ajar sejarah yang selama ini digunakan pada pokok materi peristiwa sekitar proklamasi di MA NU Mu‟allimat Kudus. (2) menghasilkan dan menganalisis bahan ajar sejarah pada pokok materi peristiwa sekitar proklamasi dan peranan ulama yang sesuai kebutuhan pembelajaran di MA NU Mu‟allimat Kudus (3) mengetahui kelayakan bahan ajar handout peristiwa sekitar proklamasi dan peranan ulama. Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode Research and Development yang dikelompokan menjadi tiga tahapan yakni tahap pendahuluan, tahap pengembangan dan tahap validasi atau kelayakan. Studi pendahuluan untuk tahap perencanaan bahan ajar di MA NU Mu‟allimat Kudus menggunakan teknik wawancara untuk guru dan angket untuk peserta didik. Penilaian kelayakan handout menggunakan instrumen penilaian oleh ahli materi dan praktisi serta oleh ahli media. Dari masing-masing tahapan terbagi menjadi sumber data, teknik pengambilan data, uji objektivitas data, teknik analisis data dan hasil. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) 85% siswa menyatakan sangat pentingnya materi peristiwa sekitar proklamasi dan peranan ulama; (2) 70% siswa menyatakan bahwa sangat dibutuhkan bahan ajar lain sebagai pelengkap materi peristiwa sekitar proklamasi; (3) Tingkat kelayakan handout dari ahli materi menunjukan rata-rata 97.9%, sedangkan ahli media memperoleh rata-rata 80.6%, persentase skor yang diperoleh dari angket tanggapan guru sebesar 94%, serta hasil analisis angket tanggapan peserta didik setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan handout memberikan penilaian bahwa dari segi kesesuaian tampilan 87.5%, kesesuaian penyajian materi 88.5% siswa menyatakan sangat setuju dan 23.809 % siswa menyatakan setuju dan aspek kebermanfaatan 85.8% Dengan demikian, handout ini layak digunakan sebagai bahan ajar sejarah Indonesia. Saran yang dapat diberikan yaitu handout yang dikembangkan dalam penelitian ini disarankan untuk digunakan dalam pembelajaran sejarah Indonesia materi peristiwa sekitar proklamasi kemerdekaan Indonesia.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Bahan Ajar, Peristiwa Sekitar Proklamsi, Ulama
Subjects: L Education > Special Education > History Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 03 Nov 2017 13:57
Last Modified: 03 Nov 2017 13:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27154

Actions (login required)

View Item View Item