MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SHOOTING MELALUI PERMAINAN BOLA TEMBAK PADA SISWA KELAS V SD NEGERI JERUK AGUNG 2 KEC. SRUMBUNG KABUPATEN MAGELANG
TRI EDY SUYANTO , 6102914055 (2016) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SHOOTING MELALUI PERMAINAN BOLA TEMBAK PADA SISWA KELAS V SD NEGERI JERUK AGUNG 2 KEC. SRUMBUNG KABUPATEN MAGELANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Hasil pembelajaran Penjasorkes pada shooting bola basket di SD Negeri Jerukagung 2 kurang efektif sehingga hasil yang diperoleh pada pembelajaran shooting bola basket belum bisa memenuhi Standar Ketuntasan Minimal.Standar Ketuntasan Minimal di SD Negeri Jerukagung 2 adalah 75.Dari hasil yang diperoleh dari pembelajaran sebelumnya dilaksanakan didapat hasil 46,2% atau 6 siswa dari 13 siswa kelas V yang belum memenuhi Standar Ketuntasan Minimal. Dan 7 siswa atau 53,8% yang sudah memenuhi Standar Ketuntasan Minimal (KKM).Permasalahan yang ada apakah penggunaan permainan bola tembak dapat meningkatkan hasil belajar shooting dalam permainan bola basket?. Adapun tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar shooting dalam permainan bola basket melalui permainan bola tembak pada siswa kelas V SD Negeri Jeruk Agung 2 Kecamatan Srumbung Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini adalah PenelitianTindakan Kelas, melalui permainan bola tembak yang berlangsung dua siklus, tiap siklus satu kali pertemuan yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi.Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Jerukagung 2, Kecamatan Srumbung Kabupaten Magelang yang berjumlah 13 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes unjuk kerja, pengolahan datanya menggunakan data pengamatan secara langsung terhadap proses pembelajaran di kelas. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan deskriptif prosentase. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus 1 rata-rata nilainya adalah 75,1. Pada aspek kognitif tuntas 69,3 % tidak tuntas 30,7 % , aspek afektif tuntas 61,5 % tidak tuntas 38,5 % , dan aspek psikomotor tuntas 76,9 % tidak tuntas 23,1 %. Dan secara keseluruhan pada siklus I tuntas 69,2 % dan belum tuntas 30,8 %. Pada hasil penelitian siklus II nilai rata-rata kelas adalah 80,1. Pada aspek kognitif tuntas 92,3 % tidak tuntas 7,7 % , aspek afektif tuntas 84,6 % tidak tuntas 15,4 % , dan aspek psikomotor tuntas 92,3 % tidak tuntas 7,7 %. Dan secara keseluruhan pada siklus I tuntas 92,3 % dan belum tuntas 7,7 %. Pada penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar sebesar 23,1%, dari siklus I hasilnya 69,2 % menjadi 92,3 %. Pada siklus II ini siswa yang tuntas adalah 12 siswa atau 92,3 % dan tidak tuntas adalah 1 siswa atau 7,7 %. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa permainan bola tembak dapat meningkatkan hasil pembelajaran shooting pada bola basket pada siswa kelas V SDN Jerukagung 2 kecamatan Srumbung Kabupaten Magelang.Saran agar guru penjas mampu menggunakan model pembelajaran yang inovatif dan kreatif.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar, shooting, dan permainan bola tembak. |
Subjects: | O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 ) O Sport > Ilmu Keolahragaan O Sport > Education, Training, Research |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1 |
Depositing User: | Users 7 not found. |
Date Deposited: | 03 Nov 2017 13:57 |
Last Modified: | 03 Nov 2017 13:57 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27153 |
Actions (login required)
View Item |