PENGARUH APRESIASI SISWA PADA POKOK BAHASAN PERKEMBANGAN MASYARAKAT INDONESIA PADA MASA KOLONIAL BELANDA DENGAN FILM DOKUMENTER KOTA LAMA SEMARANG TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS SMA N 2 SALATIGA


Yoko Supriyanto , 3101412070 (2016) PENGARUH APRESIASI SISWA PADA POKOK BAHASAN PERKEMBANGAN MASYARAKAT INDONESIA PADA MASA KOLONIAL BELANDA DENGAN FILM DOKUMENTER KOTA LAMA SEMARANG TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS SMA N 2 SALATIGA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3101412070.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran sejarah di SMA N 2 Salatiga, sumber belajarnya sangat terbatas. Hanya sebatas menggunakan LKS. Film merupakan media tiga dimensi yang tergolong ke dalam media berbasis audio visual, yaitu media yang dalam penyampaian pesannya mengandalkan penglihatan dan pendengaran. penggunaan media film ini tentu dapat lebih menarik perhatian dan peserta didik lebih merasa senang karena selain dapat mendengar mereka juga dapat melihat gambarnya. Lewat perkembangan zaman seperti sekarang ini, kita bisa mendapatkan berbagai film yang kita inginkan, semisal lewat situs Youtube. Pada penelitian ini media pembelajarannya memakai film dokumenter. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media film dokumenter terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Salatiga Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif Quasi Eksperimen, dengan desain eksperimen pola Pretest-Posttest Control Group Design. Dimana Populasi Penelitian adalah siswa kelas XI SMA N 2 Salatiga, Sampel penelitian ini adalah kelas XI IPS 5 sebagai kelompok kontrol dan kelas XI IPS 4 sebagai kelompok eksperimen. Uji regresi sederhana diperoleh nilai rxy = 0,532, dengan = 5 % dan N = 32, diperoleh nilai rtabel = 0,349. Karena rhitung > rtabel maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara media pembelajaran film dokumenter terhadap hasil belajar sejarah siswa. Koefisien determinasinya r2 = 0,532 = 0,283. Hal ini berarti 28,3% maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan sebesar 0,532 dengan menggunakan media film terhadap hasil belajar sejarah siswa. Koefisien determinasinya r2 =0,5322 =28,3 %. Hal ini berarti 28,3 % hasil belajar sejarah siswa dipengaruhi oleh pembelajaran menggunakan media fim dokumenter. Berdasarkan hasil penelitian dan kesimpulan, maka penulis akan mengajukan beberapa saran sebagai berikut: Sebaiknya para guru lebih memahami kondisi siswa, seperti telah dilakukan penelitian dengan menggunakan media film pada pembelajaran ini terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa, dengan menggunakan media film dokumenter membuat siswa dapat belajar lebih aktif. Guru harus mampu mengerti kondisi siswa dalam pembelajarandengan pembelajaran menggunakan media film dokumenter ini, hal ini disebabkan pembelajaran dengan menggunakan media film dapat membuat siswa lebih aktif dan lebih mendengarkan dalam memahami materi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Film Dokumenter, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > Special Education > History Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 03 Nov 2017 13:55
Last Modified: 03 Nov 2017 13:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27152

Actions (login required)

View Item View Item