STUDI EKSPERIMEN STRATEGI BELAJAR PQ4R (Preview,Question, Read, Reflect, Recite, Review) TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA SMA NEGERI 1 DONOROJO TAHUN PELAJARAN 2015/ 2016


Yanrika Rossiana , 3101412065 (2016) STUDI EKSPERIMEN STRATEGI BELAJAR PQ4R (Preview,Question, Read, Reflect, Recite, Review) TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA SMA NEGERI 1 DONOROJO TAHUN PELAJARAN 2015/ 2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3101412065.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pengajaran sejarah disekolah bertujuan agar siswa memperoleh kemampuan berpikir historis dan pemahaman sejarah. Sehingga untuk mengurangi kekurangan wawasan bacaan siswa dalam rangka mencapai tujuan pengajaran sejarah maka Strategi belajar PQ4R cocok untuk diterapkan dikelas karena dirasa mampu mengatasi kurangnya wawasan membaca siswa kaitannya dalam pembelajaran sejarah. Tujuan diterapkan strategi belajar PQ4R adalah untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar kelas eksperimen dan faktor yang mempengaruhinya. Metode penelitian menggunakan penelitian campuran yakni kuantitatif untuk mengetahui hasil belajar melaui postes, kemudian penelitian kualitatif untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi hasil belajar dengan menggunakan angket, observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan rata- rata hasil belajar yakni kelas eksperimen memiliki nilai postest 89,781lebih tinggi dari kelas kontrol yang memiliki nilai postest 81,567. Faktor yang mempengaruhi peningkatan hasil belajar kelas eksperimen karena strategi belajar PQ4R dianggap lebih menarik karena setiap tahapannya siswa diminta untuk aktif dan kreatif sehingga mampu memahami isi bacaan sesuai dengan kemampuannya. Simpulan dari penelitian ini adalahpenggunaan strategi belajarPQ4R efektif dalampembelajaran Sejarah pokok bahasan Pengaruh Revolusi Amerika dan Revolusi Perancis terhadap Pergerakan NasionalIndonesia Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Donorojo tahun pelajaran 2015/ 2016. Saranuntuk pembelajaran sejarah dikemudian hari strategi belajar PQ4R untuk dapat diterapkan kembali dengan alasan mampu memotivasi siswa untuk belajar mandiri dengan menambah wawasan bacaan melalui proses membaca, membuat pertanyaan dan kesimpulan sehingga memudahkan mempelajari dan mengingat materi sejarah dengan baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Strategi Belajar PQ4R, Hasil Belajar Sejarah.
Subjects: L Education > Special Education > History Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 03 Nov 2017 13:52
Last Modified: 03 Nov 2017 13:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27151

Actions (login required)

View Item View Item