PENINGKATAN PEMBELAJARAN PASSING ATAS MELALUI PERMAINAN LEPAS PADA SISWA KELAS V SDN TINJUMOYO KECAMATAN WINDUSARI KABUPATEN MAGELANG TAHUN 2016


MAIN SAPUTRA , 6102914054 (2016) PENINGKATAN PEMBELAJARAN PASSING ATAS MELALUI PERMAINAN LEPAS PADA SISWA KELAS V SDN TINJUMOYO KECAMATAN WINDUSARI KABUPATEN MAGELANG TAHUN 2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6102914054.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar passing atas Bolavoli di Sekolah Dasar Negeri Tinjumoyo masih dikategorikan rendah, Hal ini karena kurangnya motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran dan rasa takut pada bola. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah melalui permainan lempar passing dapat meningkatkan hasil belajar passing atas Bolavoli bagi siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Tinjumoyo tahun ajaran 2015/2016. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan semangat belajar passing atas. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dalam pelaksanaan terdiri dari dua siklus. Masing masing siklus di laksanakan satu kali pertemuan, Setiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Tinjumoyo yang berjumlah 14 siswa yang terdiri 6 siswa putri dan 8 siswa putra. Sumber data dari guru dan siswa. Tehnik pengumpulan data adalah dengan unjuk kerja siswa ,tes, dan lembar observasi.. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui permainan lempar passing atas (Lepas) pada SD Negeri Tinjumoyo diperoleh peningkatan sebagai berikut pada pembelajaran siklus 1 siswa yang mencapai ketuntasan mnimal mencapai menjadi 8 siwa (57,14%) yang mencapai ketuntasan minimal (KKM) dari 14 siswa, selanjutnya pada siklus 2 ada peningkatan dari 14 siswa yang mencapai ketuntasan minimal (KKM) menjadi 11 siswa (78,57). Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka di simpulkan bahwa melalui permainan lempar passing (Lepas) dalam pembelajaran passing atas dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Tinjumoyo. Kecamatan Windusari. Kabupaten Magelang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Bola voli, Passing, Permainan Lepas
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 03 Nov 2017 13:54
Last Modified: 03 Nov 2017 13:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27150

Actions (login required)

View Item View Item