HUBUNGAN PERILAKU ASERTIF DENGAN KENAKALAN REMAJA PADA SISWA KELAS XI SMA BHAKTI PRAJA KABUPATEN BATANG TAHUN AJARAN 2009 / 2010
Dwi Kusuma Wardani, 1301404043 (2011) HUBUNGAN PERILAKU ASERTIF DENGAN KENAKALAN REMAJA PADA SISWA KELAS XI SMA BHAKTI PRAJA KABUPATEN BATANG TAHUN AJARAN 2009 / 2010. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (HUBUNGAN PERILAKU ASERTIF DENGAN KENAKALAN REMAJA PADA SISWA KELAS XI SMA BHAKTI PRAJA KABUPATEN BATANG TAHUN AJARAN 2009 / 2010)
- Published Version
Download (553kB) | Preview |
Abstract
Perilaku asertif adalah pengungkapan diri secara terbuka, tegas dan bebas atas perasaan positif dan negatif maupun tindakan mempertahankan hak mutlak dengan tetap memperhatikan perasaan orang lain. Dengan memiliki perilaku asertif maka anak akan mampu untuk mengungkapkan perasaannya tanpa menyakiti orang lain sehingga tidak menimbulkan perilaku menyimpang atau kenakalan remaja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Hubungan perilaku asertif dengan kenakalan remaja pada siswa Bhakti Praja Batang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Bhakti Praja Batang sebanyak 170. Sampel penelitian sejumlah 119 orang siswa, diambil dengan menggunakan teknik random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah skala psikologi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis korelasi product moment. Berdasarkan penelitian diketahui bahwa sebagian besar perilaku asertif responden termasuk kategori tinggi yaitu 73,95%. Sebagian besar kenakalan remaja responden yang termasuk dalam kategori cukup 64,71%. Hasil analisis korelasi diperoleh besarnya koefisien korelasi sebesar -0,211. Hasil uji korelasi menunjukkan bahwa rxy yang diperoleh sebesar -0,211 sedangkan pada r tabel dengan N =119 sebesar 0,176. Karena nilai r hitung > r tabel (-0,211 > 0,176) maka terdapat hubungan negatif antara perilaku sertif dengan kenakalan remaja. Sumbangan efektif variabel asertif sebesar 4,45% terhadap kenakalan remaja pada siswa kelas XI SMA Bhakti Praja Batang tahun Ajaran 2010. Saran yang dapat penulis sampaikan berdasarkan hasil penelitian ini adalah memberi kesempatan kepada siswa untuk mengungkapkan apa yang siswa ingin ungkapkan tanpa adanya rasa malu, Siswa seharusnya senantiasa bersikap tegas dalam pendirian, jujur terhadap diri sendiri maupun jujur kepada orang lain, selalu bertanggungjawab terhadap apa yang telah dilakukannya, mengenal dirinya sendiri dan juga memiliki rasa percaya diri yang tinggi
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perilaku asertif, kenakalan remaja. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1 L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1) |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 06 Jun 2011 06:05 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 04:55 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2715 |
Actions (login required)
View Item |