UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLAVOLI MELALUI PERMAINAN BOLA GANTUNG PADA SISWA KELAS V SDN JUMOYO IV KECAMATAN SALAM KABUPATEN MAGELANG TAHUN 2015/2016


SAMSUDI , 6102914053 (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLAVOLI MELALUI PERMAINAN BOLA GANTUNG PADA SISWA KELAS V SDN JUMOYO IV KECAMATAN SALAM KABUPATEN MAGELANG TAHUN 2015/2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6102914053.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Hasil pembelajaran Penjasorkes pada passing bawah bola voli di SDN Jumoyo IV berjalan dengan baik, akan tetapi hasilnya kurang optimal, hal ini dapat dilihat dari catatan hasil pembelajaran passing bawah permainan bola voli semester 2 tahun pembelajaran 2015/2016 mengenai kemampuan siswa dalam penguasaan gerak dasar passing bawah, juga bisa dilihat dari nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) hanya 63,6 % atau 14 anak dari 22 anak jumlah siswa kelas V masih dibawah KKM, dan 8 anak atau 36,4 % saja yang nilai KKMnya ≤ 75, dimana KKM penjasorkes kelas V SD Negeri Jumoyo IV adalah 75. Permasalahan yang ada apakah penggunaan permainan bola gantung dapat meningkatkan hasil belajar passing bawah bola voli ? Adapun tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar passing bawah bola voli melalui permainan bola gantung pada mata pelajaran Penjasorkes di kelas V SD Negeri Jumoyo IV. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, melalui permainan bola gantung yang berlangsung dua siklus, tiap siklus satu kali pertemuan yang terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Jumoyo IV kecamatan Salam Kabupaten Magelang tahun 2015/2016, yang berjumlah 22 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes unjuk kerja. pengolahan datanya menggunakan deskritif prosentase. Berdasarkan Hasil penelitian pada siklus 1, aspek kognitif tuntas 86,26 %, tidak tuntas 13,64 % , aspek afekif tuntas 72,73 % dan tidak tuntas 27,27 %, aspek psikomotor tuntas 54,55 % dan tidak tuntas 45,45 %. Hasil belajar siswa secara klasikal tuntas 12 siswa ( 54,55 %) dan tidak tuntas 10 siswa (45,45%). Pada Hasil penelitian pada siklus 2, aspek kognitif tuntas 90,9 % dan tidak tuntas 9,1%, aspek afekif tuntas 90,9 % ,aspek psikomotor tuntas 90,9 % dan tidak tuntas 9,1 % dan ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal 20 siswa ( 90,9%). Dalam penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan ketuntasan hasil belajar secara klasikal sebesar 36,35 %, dari siklus 1 yang 54,55% meningkat menjadi 90,9 % pada siklus 2, dari 22 siswa jumlah kelas V atau 54,55 % dan pada siklus 2 siswa yang tuntas 20 siswa atau 90,9% dan tidak tuntas hanya 2 siswa saja atau 9,1%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa permainan bola gantung dapat meningkatkan hasil passing bawah bola voli pada siswa kelas V SDN Jumoyo 4 Kecamatan Salam Kabupaten Magelang tahun 2015/2016. Saran permainan bola gantung dapat dijadikan alternatif pilihan model pembelajaran passing bawah bola voli.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Passing Bawah Bola Voli, Permainan Bola gantung
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 03 Nov 2017 13:45
Last Modified: 03 Nov 2017 13:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27149

Actions (login required)

View Item View Item