UPAYA MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN PASSING SEPAK BOLA MELALUI PENDEKATAN PERMAINAN BOLBUM PADA SISWA KELAS V SD NEGERI LESANPURO KAJORAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016


SURATIN , 6102914052 (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN PASSING SEPAK BOLA MELALUI PENDEKATAN PERMAINAN BOLBUM PADA SISWA KELAS V SD NEGERI LESANPURO KAJORAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6102914052.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar passing dengan kaki bagian dalam permainan sepak bola di Sekolah Dasar Negeri Lesanpuro masih di bawah KKM yang sudah ditentukan yaitu 75. Dari 12 siswa baru 4 siswa atau 33,33% yang sudah tuntas, sedangkan 8 siswa atau 56,67% belum tuntas. Hal ini karena kurangnya motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran dan rasa takut kakinya sakit terutama bagi siswa perempuan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah pendekatan permainan bolbum dapat meningkatkan hasil belajar passing sepak bola bagi siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Lesanpuro tahun pelajaran 2015/2016 Tujuan penelitian ini untuk meningkatan hasil belajar passing sepak bola melalui pendekatan permainan bolbum pada siswa kelas V SD Negeri Lesanpuro Kajoran tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dalam pelaksanaannya terdiri dari dua siklus.Setiap siklus dilaksanakan satu kali pertemuan dan terdiri dari empat tahapan yaitu : perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Lesanpuro Kajoran tahun pelajaran 2015/2016, yang berjumlah 12 siswa, terdiri dari 4 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah unjuk kerja, tes, lembar observasi dan tes lisan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar. Aspek psikomotor dari kondisi awal 66,67, pada siklus I, 76,75 dan siklus II, 83,92. Aspek afektif dari kondisi awal 69,58, siklus I, 79,00 dan siklus II, 85,58. Aspek kognitif ,kondisi awal 70,83, siklus I, 77,50 dan pada siklus II, 85,00. Sedangkan ketuntasan hasil belajar kelas, dari kondisi awal tuntas 4 siswa (33,33%), pada siklus I tuntas 7 siswa (58,33%), dan pada siklus II tuntas 11 siswa (91,67%) dari 12 siswa. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa melalui pendekatan permainan bolbum dapat meningkatkan hasil pembelajaran sepak bola kelas V SD Negeri Lesanpuro Kajoran tahun pelajaran 2015/2016. Saran bagi siswa, teknik dasar passing dengan kaki bagian dalam dapat dikembangkan pada permainan sepak bola ke tingkat yang lebih tinggi. Bagi guru dalam pembelajaran permainan dengan menggunakan bola besar khusunya permainan sepak bola, diharapkan dapat mengembangkan model-model permainan keterampilan gerak yang lebih menarik lainnya untuk digunakan dalam pembelajaran modifikasi permainan di sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Sepak Bola, Passing, Bola Bumerang
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 03 Nov 2017 13:42
Last Modified: 03 Nov 2017 13:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27148

Actions (login required)

View Item View Item