Meningkatkan Hasil Belajar Passing Sepak Bola Melalui Permainan Wall Ball Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Jepang Kecamatan Mejobo Kabupaten Kudus Tahun 2015
RENO ARI SETIAWAN , 6102411066 (2016) Meningkatkan Hasil Belajar Passing Sepak Bola Melalui Permainan Wall Ball Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Jepang Kecamatan Mejobo Kabupaten Kudus Tahun 2015. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah masih ada 23 siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar pada permainan sepak bola, dan hanya 5 siswa yang mampu melakukan dengan benar. Sebagian siswa masih menggunakan ujung kaki untuk menendang bola, sehingga akan menimbulkan rasa sakit pada kaki. Hal ini menyebabkan mereka menjadi enggan untuk berlatih gerakan teknik passing, dampaknya hasil belajar siswa kurang maksimal. Pengembangan metode pembelajaran yang bervariasi oleh guru pembimbing dan pada akhirnya siswa merasa kurang senang terhadap pembelajaran yang dihadapi. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah “Apakah permainan wall ball dapat meningkatkan hasil belajar passing sepak bola pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Jepang Kecamatan Mejobo Kabupaten Kudus Tahun 2015?’’. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar sepak bola pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Jepang Kecamatan Mejobo Kabupaten Kudus Tahun 2015. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjeknya adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 2 Jepang yang berjumlah 28 siswa. Adapun prosedur penelitian yang digunakan melalui 2 siklus yaitu 1.) Perencanaan 2.) Tindakan 3.) observasi 4.) Refleksi. Analisis data menggunakan uji analisis deskriptif dan untuk mengetahui peningkatan hasil siklus 1 dan siklus 2 menggunakan uji gain. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari kondisi awal ke siklus I dan siklus II, baik dari peningkatan nilai rata-rata pembelajaran sepak bola wall ball maupun nilai ketuntasan hasil belajar. Pada kondisi awal hasil belajar siswa menunjukan hanya 5 siswa (17,86%) yang telah tuntas dari KKM, sedangkan 23 siswa masih dibawah KKM. Peningkatan kemampuan gerak pada pembelajaran sepak bola wall ball dapat dilihat dari nilai KKM (75,00). Setelah dilakukan tindakan siklus I nilai belajar siswa yang tuntas sebanyak 22 dari 28 siswa (78,57%) dan pada siklus II yang tuntas sebanyak 26 dari 28 siswa keseluruhan atau tuntas sebesar 92,86%. Kesimpulan penelitian ini adalah permainan wall ball dapat Meningkatkan Hasil Belajar Passing Sepak Bola Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Jepang Kecamatan Mejobo Kabupaten Kudus Tahun 2015. Saran untuk guru dalam penelitian ini adalah dengan modifikasi metode pembelajaran yang lebih bervariatif mampu digunakan sebagai alternatif pembelajaran dan pencapaian hasil belajar di sekolah. Sedangkan untuk siswa saran dalam penelitian ini adalah meningkatkan kreatifitas dan keberanian siswa untuk memberikan umpan balik terhadap pembelajaran passing sepak bola
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sepak Bola, Teknik Passing, Wall Ball |
Subjects: | O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar ( S1 ) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Kharisma Adhi Arya |
Date Deposited: | 03 Nov 2017 13:39 |
Last Modified: | 03 Nov 2017 13:39 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27147 |
Actions (login required)
View Item |