PENGARUH DENGAN MODEL PEMBELAJARAN CRH (Course Review Horay ) TERHADAP HASIL KEMAMPUAN MENGUASAI MATERI SEJARAH PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA SISWA KELAS XI IPS SMA N 1 BANDONGAN KABUPATEN MAGELANG TAHUN AJARAN 2015/2016.


Ety Saputri , 3101412064 (2016) PENGARUH DENGAN MODEL PEMBELAJARAN CRH (Course Review Horay ) TERHADAP HASIL KEMAMPUAN MENGUASAI MATERI SEJARAH PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA SISWA KELAS XI IPS SMA N 1 BANDONGAN KABUPATEN MAGELANG TAHUN AJARAN 2015/2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3101412064.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Indonesia, Model Pembelajaran CRH (Course Review Horay ) Kemampuan penguasaan materi yang di ambil adalah materi pelajaran sejarah dalam pembelajaran sejarah yang merupakan pembelajaran yang dapat membentuk kepribadian bagi siswa.Materi yang di ambil dalam pembelajaran sejarah adalah materi sejarah proklamasi kemerdekaan Indonesia.Tujuan 1) Untuk mengetahui penguasaan materi Sejarah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia kepada siswa kelas XI IPS SMA N 1 Bandongan tahun ajaran 2015/2016. 2) Untuk mengetahui penguasaan materi Sejarah Poklamasi Kemerdekaan Indonesia dengan menggunakan model pembelajaran CRH siswa kelas XI IPS di SMA N 1 Bandongan tahun ajaran 2015/2016.3) Untuk mengetahui penguasaan materi Sejarah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dengan menggunakan model pembelajaran ceramah bervariasi siswa kelas XI IPS di SMA N 1 Bandongan tahun ajaran 2015/2016.4)Untuk mengetahui proses pembelajaran Sejarah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dengan model pembelajaran CRH (Course Review Horay) terhadap siswa kelas XI IPS SMA N 1 Bandongan tahun ajaran 2015/2016. 5)Untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penerapan model pembelajaran dengan CRH pada pembelajaran sejarah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia terhadap penguasaan materi siswa kelas XI IPS dan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh kemampuan penguasaan materi Sejarah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dengan model pembelajaran CRH (Course Review Horay) terhadap siswa kelas XI IPS SMA N 1 Bandongan tahun ajaran 2015/2016 Pendekatan yang digunakan dalam penelitian skripsi ini adalah pendekatan kuantitatif, dengan desain Randomized Pre-test and Post-test Comparation Design. Pada litian ini juga menggunakan desain korelasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh keterangan nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 79.77 dan kelas kontrol adalah 66.92 hasil penghitungan analisis regresi dimana dapat diketahui koefisien determinasinya r2 = 0,4712 = 0,222. Artinya nilai hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran CRH sebesar 22.2% ditentukan oleh aktivitas siswa yang dilakukan, melalui persamaan regresimelalui persamaan regresi Y X sisanya ditentukan oleh faktor lain. Hasil analisis tersebut menunjukkan bahwa dalam pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran CRH dapat mempengaruhi aktivitas siswa sehingga meningkatkan hasil kemampuan menguasai materi sejarah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada Simpulan dari skripsi ini adalah1) Sebaiknya guru dapat bersikap inovatif didalam memilih model pembelajaran yang sesuai dengan siswa dan materi pelajaran, sehingga proses pembelajaran sejarah lebih menarik dan berhasil mencapai tujuan pembelajarannya. 2)Sebaiknya guru menggunakan model pembelajaran CRH karena dari rata-rata penggunaan model CRH meningkatkan nilai siswa untuk ketuntasan KKM. 3) Penggunaan model pembelajaran gunakan yang lebih menarik agar siswa lebih berantusis untuk meningkatkan nilai misalnya saja seperti model pembelajaran CRH. 4) ix Diharapkan guru bisa mengembangkan proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran CRH sebagai salah satu model pembelajaran sejarah di SMA N 1 Bandongan.5) Pengaruh menggunakan model pembelajaran CRH sangat besar. Jadi guru saat menggunakan model pembelajaran CRH mampu mengkondisikan kelas agar saat pemberian reward (penghargaan) tidak berisik dan menganggu kelas lain yang sedang belajar karena model pembelajaran ini menggunakan reward (penghargaan) yang berupa tepukan tangan yang disertai yel-yel atau triakan “Horay”.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Penguasaan Materi Sejarah Proklamasi Kemerdekaan
Subjects: L Education > Special Education > History Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 03 Nov 2017 13:48
Last Modified: 03 Nov 2017 13:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27146

Actions (login required)

View Item View Item