MODEL PERMAINAN SIRKUIT TERHADAP KETERAMPILAN GERAK DASAR BAGI SISWA KELAS III SDN REJOSARI KECAMATAN PAKIS KABUPATEN MAGELANG TAHUN 2015
Kurnia Iman Pranantyo , 6102411063 (2016) MODEL PERMAINAN SIRKUIT TERHADAP KETERAMPILAN GERAK DASAR BAGI SISWA KELAS III SDN REJOSARI KECAMATAN PAKIS KABUPATEN MAGELANG TAHUN 2015. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pendidikan Jasmani khususnya pembelajaran gerak di sekolah dasar sangat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak, semakin anak banyak bergerak maka anak akan semakin mengetahui banyak hal. Namun dalam kenyataannya dalam proses pembelajaran gerak belum terlaksana secara optimal, sehingga perlu adanya pengembangan dalam proses pembelajarannya. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana Model Permainan Sirkuit Terhadap Keterampilan Gerak Dasar bagi Siswa Kelas III SDN Rejosari Kecamatan Pakis Kabupaten Magelang. Tujuan Penelitian ini adalah menghasilkan produk Model Permainan Sirkuit Terhadap Keterampilan Gerak Dasar bagi Siswa Kelas III SDN Rejosari Kecamatan Pakis Kabupaten Magelang. Metode Penelitian pengembangan yang digunakan mengacu pada metode pengembangan Sugiyono yang telah dimodifikasi, yaitu: (1) Potensi dan Masalah, (2) Pengumpulan Data, (3) Pembuatan Produk Awal, (4) Validasi Produk, (5) Revisi Produk Awa,l (6) Pra Uji Coba I, (7) Uji Coba I, (8) Revisi Produk, (9) Uji Coba Sosialisasi, (10) Revisi Produk, (11) Uji Coba II, (12) Revisi Produk Akhir, (13)Penguatan dan Pembuatan Produk Masal. Penelitian dilaksanakan di SDN Rejosari Kecamatan Pakis Kabupaten Magelang dengan subjek penelitian 28 siswa kelas III SDN Rejosari. Hasil penilaian uji coba satu, ahli penjas dan ahli pembelajaran mendapatkan rata-rata 84,66%, aspek kognitif 80,3 %, afektif 71,14 %, psikomotor 70,36 %, dan rata-rata uji coba satu sebanyak 73,93 % masuk dalam klasifikasi baik dan produk layak digunakan. Hasil penilaian uji coba dua , ahli penjas dan ahli pembelajaran mendapatkan rata-rata 89,50%, aspek kognitif 84,3 %, afektif 88 %, psikomotor 81,85 %, dan rata-rata uji coba dua sebanyak 84,71 % masuk dalam klasifikasi baik dan produk layak digunakan. Dari data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa permainan sirkuit layak digunakan dan diterapkan sebagai alternatif model pembelajaran dalam penjasorkes. Disarankan bagi guru penjasorkes SDN Rejosari Kecamatan Pakis Kabupaten Magelang dapat menggunakan produk model permainan sirkuit dalam proses pembelajaran khususnya pembelajaran gerak dasar. Bagi pembaca model permainan ini bisa dijadikan referensi untuk mengembangkan model-model permainan untuk penelitian selanjutnya.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Gerak dasar ,Permainan Sirkuit |
Subjects: | O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar ( S1 ) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Kharisma Adhi Arya |
Date Deposited: | 03 Nov 2017 13:30 |
Last Modified: | 03 Nov 2017 13:30 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27145 |
Actions (login required)
View Item |