SURVEI BISNIS FITNESS DAN MOTIVASI MASYARAKAT MENGIKUTI FITNESS DI KABUPATEN JEPARA TAHUN 2015


Bagus Eka Resi Suryana, 6102411056 (2015) SURVEI BISNIS FITNESS DAN MOTIVASI MASYARAKAT MENGIKUTI FITNESS DI KABUPATEN JEPARA TAHUN 2015. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6102411056.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Fitness adalah suatu olahraga kebugaran yang berguna untuk menyehatkan tubuh. Di Kabupaten Jepara fitness centre sendiri sudah berdiri lama ada dan berkembang dan tidak. Peluang tersebut cukup mampu ditangkap para pebisnis. Maraknya pusat-pusat kebugaran (fitness) di kota-kota besar telah menyebabkan bisnis kebugaran mengalami persaingan yang sangat ketat, Tidak jauh berbeda di Kabupaten Jepara. Permasalahan yang diteliti dalam penelitian ini adalah bagaimana perkembangan fitness centre dan apa motivasi masyarakat mengikuti fitness di Kabupaten Jepara. Tujuan dari penelitian ini adalah meneliti manajemen fitness centre dan apa motivasi masyarakat mengikuti fitness di Kabupaten Jepara tahun 2015? Penelitian ini dilakukan berdasarkan kriteria lokasi yang sesuai dengan peneliti buat dan amati, yang diperoleh hasilnya adalah Muiz Fitness, Jepara Fitness dan Maestro Fitness. Untuk sasaran penelitian berjumlah dua puluh orang yang terdiri dari tujuh orang dari setiap fitness centre, satu pengelola, satu instruktur dan lima members. Untuk teknik pengambilan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan menggunakan analisis data kualitatif yang meliputi proses pemilihan data menjadi satuan yang dapat dikelola, mengkategorikan data dan akhirnya menyusun data sebagai laporan. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa keberhasilan dalam menjalankan bisnis fitness yaitu karena dari sistem manajemen yang dibangun baik. Jadi pengawasan yang diberikan rasa nyaman dan aman kepada pelanggan. dari data survei bisnis didapatkan bahwa keberhasilan dari bisnis dipengaruhi dari sistem menejemen yang berkualitas baik. Sehingga didapatkan hasil yang memuaskan dan baik dalam sistem pengelolahannya. Dan motivasi masyarakat mengikuti fitness yaitu karena ingin merubah penampilan sebanyak 50%. Dapat disimpulkan bahwa manajemen fitness centre dari ketiga lokasi penelitian di Kabupaten Jepara. Dua dari tiga fitness centre di Kabupaten Jepara berjalan dengan baik sesuai fungsi-fungsi manajemen seperti perencanaan, pengorganisasian, penyusunan personalia, penggerakan serta pengawasan. Dan motivasi masyarakat mengikuti fitness, bahwa masyarakat sudah memahami pentingnya berolahraga bagi kesehatan tubuhnya. Maka saran yang dapat peneliti berikan: untuk Muiz Fitness memperbaiki manajemennya sehingga dapat meningkatkan jumlah members, untuk Jepara Fitness lebih memiliki strategistrategi pemasaran agar mampu menarik pelanggan sebanyak-banyaknya, sedangkan untuk Maestro Fitness kalo bisa tempatnya diperluas lagi. Dan saran untuk members, yaitu mempertahankan motivasi yang sudah ada atas kesadaran pentingnya melakukan kegiatan olahraga.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bisnis, Motivasi, Fitness
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Kharisma Adhi Arya
Date Deposited: 03 Nov 2017 13:14
Last Modified: 03 Nov 2017 13:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27144

Actions (login required)

View Item View Item