PENGARUH MINAT DAN KETRAMPILAN TERHADAP IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PERMAINAN TONNIS DI SEKOLAH DASAR NEGERI OLEH GURU-GURU PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN SEKECAMATAN ALIAN KABUPATEN KEBUMEN TAHUN 2015


Febri Budi Prihatmoko, 6102411047 (2016) PENGARUH MINAT DAN KETRAMPILAN TERHADAP IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PERMAINAN TONNIS DI SEKOLAH DASAR NEGERI OLEH GURU-GURU PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN SEKECAMATAN ALIAN KABUPATEN KEBUMEN TAHUN 2015. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6102411047.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah setelah sosialisasi tonis yang diadakan oleh peneliti di Kabupaten Kebumen, peneliti ingin mengetahui seberapa besar pengaruh minat dan ketrampilan bermain tonnis terhadap implementasi pembelajaran permainan tonnis sekolah dasar negeri oleh guruguru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan Se-Kecamatan Alian Kabupaten Kebumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh minat dan kemampuan terhadap implementasi pembelajaran permainan tonnis sekolah dasar negeri oleh guru-guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan Se-Kecamatan Alian Kabupaten Kebumen Tahun Pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian Korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan sekolah dasar sekecamatan Alian Kebumen yang berjumlah 33 orang. Sampel yang digunakan dari penelitian ini adalah guru pendidikan jasmani sekolah dasar sekecamatan Alian Kebumen. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan menggunakan total sampling. Metode pengumpulan datanya menggunakan metode angket, metode dokumentasi, dan observasi. Uji validitas instrumen dalam penelitian ini dilakukan dengan membandingkan nilai probabilitas (p value) dengan taraf signifikan 5% atau 0,05 dan uji reliabilitas instrumen minat sebesar 0,981, ketrampilan sebesar 0,965 dan implementasi pembelajaran tonnis sebesar 0,979. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif dan uji pengaruh menggunakan analisi regresi berganda dengan pengolahan statistik spss 16. Berdasarkan analisis data yang diperoleh ada pengaruh yang positif antara lain: minat, ketrampilan dan implementasi, besar pengaruhnya ditunjukkan oleh koefisien determinasi didapatkan hasil besarnya 26,3% pengaruh minat dan ketrampilan terhadap implementasi pembelajaran permainan tonnis. 73,7% sisanya implementasi pembelajaran tonnis ditentukan oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Kesimpulan berdasarkan hasil penelitian terdapat pengaruh pada minat dan ketrampilan guru terhadap implementasi pembelajaran permainan tonnis sekolah dasar negeri oleh guru-guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan Se- Kecamatan Alian Kabupaten Kebumen. Saran dari penelitian yang dapat diberikan adalah guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan hendaknya lebih meningkatkan minat dan ketrampilan bermain tonnis supaya bisa mengimplikasikan dalam pembelajaran di sekolah masing-masing.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Minat, Ketrampilan, Implementasi Pembelajaran Tonnis
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Kharisma Adhi Arya
Date Deposited: 03 Nov 2017 12:55
Last Modified: 03 Nov 2017 12:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27142

Actions (login required)

View Item View Item