SURVEI PELAKSANAAN EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA DI SD NEGERI SE-KECAMATAN BANTARKAWUNG KABUPATEN BREBES TAHUN 2015


RIFKI NUR AZIZI , 6102411046 (2016) SURVEI PELAKSANAAN EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA DI SD NEGERI SE-KECAMATAN BANTARKAWUNG KABUPATEN BREBES TAHUN 2015. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6102411046.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Ekstrakurikuler adalah kegiatan yang dilakukan di luar jam pelajaran tatap muka, dilaksanakan di sekolah agar lebih memperkaya dan memperluas wawasan pengetahuan dan kemampuan yang telah dipelajari dari berbagai mata pelajaran dalam kurikulum. Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah. Bagaimanakah Pelaksanaan kegiatan Ekstrakurikuler Olahraga di Sekolah Dasar Negeri se Kecamatan Bantarkawung Kabupaten Brebes Tahun 2015. Tujuan dari penelitian ini adalah peneliti ingin mengetahui tentang: Bagaimana pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler olahraga di Sekolah Dasar Negeri se Kecamatan Bantarkawung Kabupaten Brebes Tahun 2015. Dalam penelitian ini menggunakan deskriptif Kuantitatif. Dengan metode survei dan hanya menggunakan satu variabel. Tekhnik pengumpulan data menggunakan Observasi, Angket, Wawancara, dan Dokumentasi. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh Sekolah Dasar Negeri se Kecamatan Bantarkawung Kabupaten Brebes,sedangkan sampel yang diteliti mencakup 4 Sekolah Dasar, yaitu SDN Pangebatan 01, SDN pangebatan 05, SDN Jipang 02 dan SDN Jipang 05. Berdasarkan hasil analisis deskripsi prosentase diperoleh hasil bahwa sebagian besar pelaksanaan kegiatan esktrakurikuler termasuk dalam klasifikasi baik, hal ini terlihat sebanyak 11 responden atau sama dengan 14,7% menyatakan sangat baik, 31 responden atau sama dengan 41,3% menyatakan baik, 23 responden atau sama dengan 30,7% menyatakan tidak baik, dan yang menyatakan sangat tidak baik yaitu 10 responden atau sama dengan 13,3%. Dari hasil analisis tersebut maka secara keseluruhan Pelaksanaan Ekstrakurikuler Olahraga Di Sekolah Dasar Negeri Se Kecamatan Bantarkawung Kabupaten Brebes termasuk dalam kategori baik. Simpulan Berdasarkan hasil penelitian dan analisis deskriptif presentase, maka dapat disimpulkan bahwa : 1. Hasil penelitian diperoleh hasil bahwa pelaksanaan ekstrakurikuler olahraga pada Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Bantarkawung Kabupaten Brebes Tahun 2015 termasuk dalam kategori baik. Hal ini terlihat bahwa sebagian besar pelaksanaan kegiatan esktrakurikuler termasuk dalam klasifikasi baik, hal ini terlihat sebanyak 11 responden atau sama dengan 14,7% menyatakan sangat baik, yang menyatakan baik yaitu sebanyak 31responden atau sama dengan 41,3%, sedangkan yang menyatakan tidak baik sebanyak 23 responden atau sama dengan 30,7%, dan yang menyatakan sangat tidak baik sebanyak 10 responden atau sama dengan 13,3%. 2. Hambatan-hambatan yang mempengaruhi pelaksanaan ekstrakurikuler olahraga di Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Bantarkawung Kabupaten Brebes Tahun 2015 berasal dari sarana prasarana dan pendanan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Survei, Pelaksanaan, Ekstrakurikuler Olahraga
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Kharisma Adhi Arya
Date Deposited: 03 Nov 2017 12:49
Last Modified: 03 Nov 2017 12:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27141

Actions (login required)

View Item View Item