SURVEI PELAKSANAAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA RENANG DI SD NEGERI SE-KECAMATAN PEMALANG TAHUN 2015


GINANJAR ADIATMOKO , 6102411044 (2015) SURVEI PELAKSANAAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA RENANG DI SD NEGERI SE-KECAMATAN PEMALANG TAHUN 2015. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6102411044.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Dari 107 SD Negeri se-Kecamatan Pemalang terdapat 3 SD Negeri yang melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler olahraga renang karena mempunyai pembina atau pelatih, tempat kolam renang yang tidak jauh dari SD Negeri tersebut dan banyaknya minat siswa terhadap ekstrakurikuler olahraga renang. Masalah dalam penelitian ini adalah peneliti ingin mengetahui apakah pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler olahraga renang sudah baik atau belum, mengingat hanya 3 SD Negeri yang baru melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler olahraga renang dan tujuan peneliti ingin mengetahui, pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler olahraga renang di SD Negeri se-Kecamatan Pemalang tahun 2015. Desain penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei dan hanya menggunakan satu variabel. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ruang lingkup SD Negeri se-Kecamatan Pemalang tahun 2015 yang terdapat pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler olahraga renang yaitu 78 siswa, 3 pembina atau pelatih dan 3 Kepala Sekolah., dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah keseluruhan jumlah populasi, penarikan sempel menggunakan teknik sampling jenuh. Variabel dalam penelitian ini adalah pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler olahraga renang. metode pengumpulan datanya menggunakan metode angket, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Untuk menguji validitas menggunakan bantuan aplikasi IBM SPSS20. dan uji reliabilitasnya menggunakan rumus alpha. Analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis data deskriptif persentase. Hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa, secara keseluruhan pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler olahraga renang di SD Negeri se- Kecamatan Pemalang termasuk dalam kategori sangat baik yaitu sejumlah 53 responden dengan persentase (67,95%). Dan hasil penelitian tiap indikator yitu 1) pelaksanaan pembelajaran dalam kategori baik yaitu sejumlah 38 responden dengan persentase (48,72%), 2) Pembina kegiatan ekstrakurikuler dalam kategori sangat baik yaitu sejumlah 68 responden dengan persentase (87,18%), 3) peserta ekstrakurikuler dalam kategori sangat baik yaitu sejumlah 39 responden dengan persentase (50,00%), 4) pendanaan kegiatan dalam kategori cukup yaitu sejumlah 48 responden dengan persentase (61,54%), 5) sarana dan prasarana kegiatan ekstrakurikuler dalam kategori sangat baik yaitu sejumlah 66 responden dengan persentase (84,62%). Simpulan dan saran berdasarkan dari hasil penelitian ke lima indikator di atas menunjukan bahwa pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler olahraga renang di SD Negeri se-Kecamatan Pemalang sudah baik akan tetapi dalam hal pendanaan kegiatan perlu diperbaiki lagi. Saran dari hasil penelitian yang dapat diberikan adalah dari pihak sekolah seharusnya berpartisipasi dalam pendanaan untuk kegiatan ekstrakurikuler olahraga renang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan, Ekstrakurikuler, Renang
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Kharisma Adhi Arya
Date Deposited: 03 Nov 2017 12:42
Last Modified: 03 Nov 2017 12:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27140

Actions (login required)

View Item View Item