UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJARPERMAINAN KASTI MELALUI PERMAINAN KASBOLLUN BAGI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 01 LEBAKBARANG KEC. LEBAKBARANG KAB. PEKALONGAN TAHUN AJARAN 2015/2016


NASIP SAPUTRO , 6102411041 (2017) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJARPERMAINAN KASTI MELALUI PERMAINAN KASBOLLUN BAGI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 01 LEBAKBARANG KEC. LEBAKBARANG KAB. PEKALONGAN TAHUN AJARAN 2015/2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6102411041.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu hasil belajar permainan bola kecil kususnya kasti di SD Negeri 01 Lebakbarang Kec. Lebakbarang Kab. Pekalongan masih rendah. Hal ini dapat di lihat dari presentase tingkat serapan siswa terhadap materi bola kecil kususnya kasti masih banyak kesulitan dalam memukul bola. Permasalahan penelitian ini adalah Apakah Kasbollun pada materi permainan bola kecil dapat meningkatkan hasil pembelajaran penjaskes Pada siswa IV SD Negeri 01 Lebakbarang Kec.Lebakbarang Kab. Pekalongan Tahun Ajaran 2015 / 2016 ?.Adapun tujuan dari penelitian ini adalahMenulis dan mengembangkan permaian kasbollun pada materi permainan bola kasti pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Lebakbarang Kec. Lebakbarang Kab. Pekalongan Tahun Ajaran 2015 / 2016. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilakukan di SD Negeri 01 Lebakbarang Kec. Lebakbarang Kab. Pekalongan, dengan subjek penelitian kelas IV dengan jumlah 29 siswa, terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan, kegiatannya dilaksanakan pada bulan Nopember sampai dengan Desember 2015. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar observasi motivasi belajar siswa, lembar observasi minat belajar siswa, angket respon siswa dan tes praktek. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif dan melalui hitungan rumus yang telah ditentukan. Penelitian dikatakan berhasil jika tingkat hasil belajar siswa mencapai KKM minimal 75. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran bola kasti menggunakan permainan kasbollun, pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Lebakbarang Kec. Lebakbarang Kab. Pekalongan mengalami peningkatan. Hasil belajar siswa secara keseluruhan dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 1,44 % yaitu dari 74,97 % (siklus I) menjadi 76,41 % (siklus II) Berdasarkan dari hasil peneletian bahwa pembelajaran bola kecil melalui permainan kasbollun bagi kelas IV SD Negeri 01 Lebakbarang Kec. Lebakbarang Kab. Pekalongan Tahun Ajaran 2015/2016 dapat meningkatkan hasil belajar permainan bola kecil 1,44 %. Saran yang dapat disampaikan dari penelitian ini di harapkan pembelajaran bola kecil melalui permainan kasbollun dapat dijadikan alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam permainan bola kecil khususnya permainan kasti.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, bola kasti, dan permainan kasbollun.
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Kharisma Adhi Arya
Date Deposited: 03 Nov 2017 11:06
Last Modified: 03 Nov 2017 11:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27138

Actions (login required)

View Item View Item