UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN SERVIS BAWAH PEMBELAJARAN BOLA VOLI MINI MELALUI MODIFIKASI JARAK DAN TINGGI NET SISWA KELAS V SDN MANGLI KALIANGKRIK KABUPATEN MAGELANG


Muhammad Mustaqim , 6102914047 (2016) UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN SERVIS BAWAH PEMBELAJARAN BOLA VOLI MINI MELALUI MODIFIKASI JARAK DAN TINGGI NET SISWA KELAS V SDN MANGLI KALIANGKRIK KABUPATEN MAGELANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6102914047.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Servis merupakan keterampilan pokok dalam permainan bolavoli mini (tanpa penguasaan keterampilan servis, permainan bolavoli mini tidak akan berjalan dengan baik). Tujuan pendidikan jasmani adalah meletakkan landasan karakter moral yang kuat, kepribadian yang kuat, berpikir kritis, sportif, kemampuan gerak memahami konsep aktivitas jasmani. Bagaimanakah cara meningkatkan keterampilan servis bawah pada pembelajaran permainan bolavoli mini melalui modifikasi jarak dan tinggi net siswa kelas 5 SDN Mangli, Kaliangkrik, Kabupaten Magelang. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan servis bawah pada pembelajaran bolavoli mini siswa kelas 5 SDN Mangli Kaliangkrik Kabupaten Magelang melalui modifikasi jarak dan tinggi net. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Dengan model pembelajaran pentahapan jarak dan tinggi net. Objek pada penelitian ini adalah siswa kelas 5 SDN Mangli Kaliangkrik Kabupaten Magelang yang berjumlah 29 siswa. Penelitian berlangsung pada semester kedua yaitu bulan Maret dan April 2016 tahun pelajaran 2015/2016. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar pengamatan dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modifikasi jarak pelaksaan servis dan tinggi net pada pembelajaran permainan bolavoli dapat meningkatkan keterampilan servis bawah pada siswa kelas 5 SDN Mangli Kaliangkrik Kabupaten Magelang. Berdasarkan data pembelajaran pada bulan februari 11 anak dari 29 siswa atau 38% hasil tes siklus I rata-rata nilai siswa adalah 78 meningkat dibandingkan sebelum diberikan tindakan yaitu 71. Pada siklus II ratarata nilai siswa adalah 86 dan 93% siswa dapat mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) 75. Dengan demikian berdasarkan pada hasil penilaian tersebut bahwa pada siklus II rata-rata nilai kelas 5 SDN Mangli, Kaliangkrik, Magelang adalah 86 dan nilai tersebut telah mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) 75. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa modifikasi jarak pelaksanaan servis dan tinggi net dapat meningkatkan keterampilan servis bawah dalam pembelajaran permainan bolavoli mini. Kepada guru penjasorkes, bahwa proses pembelajaran permainan bola voli mini dengan modifikasi jarak pelaksanaan servis dan tinggi net dapat digunakan sebagai alternatif dalam memilih dan menetapkan strategi atau metode pembelajaran permainan bola voli kelas 5.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan servis bawah, permainan bolavoli mini, modifikasi pembelajaran
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 02 Nov 2017 20:23
Last Modified: 02 Nov 2017 20:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27135

Actions (login required)

View Item View Item