UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN TOLAK PELURU MELALUI PENDEKATAN BERMAIN SASARAN PADA SISWA KELAS V SDN KEBONLEGI KALIANGKRIK KABUPATEN MAGELANG TAHUN 2016


ASBUDI PRIYONO, 6102914046 (2016) UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN TOLAK PELURU MELALUI PENDEKATAN BERMAIN SASARAN PADA SISWA KELAS V SDN KEBONLEGI KALIANGKRIK KABUPATEN MAGELANG TAHUN 2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6102914046.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kegiatan belajar mengajar tolak peluru pada siswa kelas 5 SD Negeri Kebonlegi Kecamatan Kaliangkrik Kabupaten Magelang tahun pelajaran 2015/2016 kurang memuaskan bagi guru Penjasorkes, pada hasil yang diperoleh siswa pada tes evaluasi akhir pembelajaran terdapat 10 siswa yang nilainya belum memenuhi standar Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan. Sedangkan tujuan diadakan penelitian ini adalah untuk mengefektifitaskan pembelajaran dengan cara pendekatan bermain sasaran dalam pembelajaran materi tolak peluru. Berdasarkan permasalahan di atas maka peneliti menyimpulkan rumusan permasalahan yang dihadapi oleh peneliti yaitu “Apakan melalui pendekatan bermain sasaran sebagai pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar tolak peluru gaya ortodoks pada siswa kelas 5 SD Negeri Kebonlegi, Kecamatan Kaliangkrik Kabupaten Magelang tahun pelajaran 2015/2016. Pembelajaran tolak peluru melalui pendekatan bermain sasaran merupakan salah satu alternatif pembelajaran tolak peluru di Sekolah Dasar. Namun kenyataannya dalam proses pembelajaran belum terlaksana secara optimal, metode yang digunakan peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian pada 2 siklus, 2 kali pertemuan menunjukan bahwa di siklus I nilai rata-rata aspek psikomotor, aspek afektif dan aspek kognitif adalah 67,8 prosentase ketuntasan mencapai 42,8 % atau sejumlah 6 siswa dari keseluruhan jumlah siswa. Pada siklus I hasil pencapaian belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang telah ditentukan, maka dilanjutkan pada siklus II. Pada siklus II nilai rata-rata akhir kelas 5 adalah 80,2 presentase ketuntasan 92,8 % atau sejumlah 13 siswa dari 14 siswa keseluruhan dan telah memenuhi kriteria ketuntasan minimal yang telah ditentukan peneliti. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan data pengamatan di lapangan dan kuesioner yang diperoleh dari evaluasi. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui pendekatan bermain sasaran pada materi tolak peluru dengan menggunakan media bola plastik sebagai sarana dan prasarana maka, pembelajaran mengalami peningkatan dalam hasil belajar siswa kelas 5 SD Negeri Kebonlegi Kecamatan Kaliangkrik Kabupaten Magelang tahun pelajaran 2015/2016. Saran dari peneliti meliputi beberapa hal yaitu : diharapkan bagi guru penjasorkes di Sekolah Dasar untuk menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam pembelajaran, agar guru dapat menvariasikan berbagai macam bentuk permainan dengan menggunakan media simpai ataupun bola plastik untuk mengatasi kekurangan alat peraga dalam pembelajaran tolak peluru.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Tolak Peluru, Bermain sasaran, Pembelajaran
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 02 Nov 2017 20:20
Last Modified: 02 Nov 2017 20:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27134

Actions (login required)

View Item View Item