UPAYA MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN TOLAK PELURU MELALUI PENDEKATAN BERMAIN TOPSTIK PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI KALIKUTO KECAMATAN GRABAG KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016


WIWIK RISMAWATI , 6102914045 (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN TOLAK PELURU MELALUI PENDEKATAN BERMAIN TOPSTIK PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI KALIKUTO KECAMATAN GRABAG KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6102914045.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah pendekatan bermain topstik dapat meningkatkan hasil pembelajaran tolak peluru pada siswa kelas V SD Negeri Kalikuto Kecamatan Grabag Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2015/2016 ?. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pembelajaran tolak peluru siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Kalikuto Kecamatan Grabag Kabupaten Magelang tahun pelajaran 2105/2016 melalui pendekatan bermain topstik. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dalam pelaksanaannya terdiri dari dua siklus.Setiap siklus dilaksanakan satu kali pertemuan dan terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Kalikuto Kecamatan Grabag Kabupaten Magelang tahun pelajaran 2015/2016, yang berjumlah 31 siswa, terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 21 siswa perempuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah unjuk kerja, tes, lembar observasi dan tes lisan. Dari hasil penelitian yang dilakukan, terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari kondisi awal ke siklius I dan siklus II, baik dari peningkatan nilai ratarata pembelajaran tolak peluru melalui pendekatan bermain topstik maupun nilai ketuntasan hasil belajar. Pada kondisi awal hasil belajar siswa menunjukkan baru 2 siswa (6.45%) yang telah tuntas dari KKM yang diharapkan yaitu 75, sedangkan 29 siswa masih dibawah KKM. Peningkatan kemampuan gerak pada pembelajaran tolak peluru dapat dilihat dari KKM (75,00) ,Setelah dilakukan pembelajaran pada siklus I nilai belajar siswa yang tuntas sebanyak 10 dari 31 siswa (32.26%) dan pada siklus II yang tuntas sebanyak 29 dar 31 siswa keseluruhan atau tuntas sebesar 93.55%. Kesimpulan peneliti adalah pembelajaran tolak peluru melalui pendekatan bermain topstik dapat meningkatkan hasil belajar tolak peluru pada siswa kelas V SD Negeri Kalikuto Kecamatan Grabag Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2015/2016. Saran, penelitianiini adalah, pembelajaran melalui pendekatan yang lebih bervariatif dapat digunakan sebagai alternatif dalam proses pembelajaran di sekolah

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan hasil belajar Tolak peluru melalui pendekatan bermain topstik
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 02 Nov 2017 20:16
Last Modified: 02 Nov 2017 20:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27133

Actions (login required)

View Item View Item