UPAYA MENINGKATKAN HASIL LEMPARAN DATAR PADA PEMBELAJARAN PERMAINAN KASTI MELALUI BERBAGAI MACAM PERMAINAN LEMPARAN SASARAN SISWA KELAS IV SD KALIPUCANG KECAMATAN GRABAG KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Umniyati Malicha , 6102914044 (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL LEMPARAN DATAR PADA PEMBELAJARAN PERMAINAN KASTI MELALUI BERBAGAI MACAM PERMAINAN LEMPARAN SASARAN SISWA KELAS IV SD KALIPUCANG KECAMATAN GRABAG KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6102914044.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang masalah ini adalah masih rendahnya motivasi siswa dalam bermain kasti, kurangnya pengembangan metode pembelajaran yang bervariasi oleh guru dan pada akhirnya siswa merasa kurang senang terhadap pembelajaran. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah Apakah melalui berbagai macam permainan lemparan sasaran dapat meningkatkan hasil belajar lemparan datar pada pembelajaran permainan kasti pada siswa kelas IV SD Kalipucang Kecamatan Grabag Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan hasil lemparan datar pada siswa kelas IV SD Kalipucang dalam mengikuti proses pembelajaran yang ditunjukkan dengan hasil unjuk kerja, sikap siswa serta perilaku siswa yang lebih baik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Obyek penelitian melalui permainan lemparan datar permainan kasti sedang subyeknya adalah siswa kelas IV SD Kalipucang Kecamatan Grabag Kabupaten Magelang yang berjumlah 24 siswa dengan menggunakan dua siklus. Instrumen yang digunakan dalam pengambilan data diperoleh dari observasi dan hasil tes praktik yang ditampilkan siswa. hasil lemparan datar pra siklus diketahui bahwa hanya ada 6 (25%) siswa yang mencapai KKM (75), pada siklus I ada peningkatan menjadi 18 (75%) siswa dan pada siklus II mencapai 24 (100%) siswa yang mendapatkan nilai mencapai KKM dari jumlah siswa 24, nilai rata-rata siswa dari prasiklus, siklus I dan siklus II juga mengalami peningkatan yaitu pada prasiklus nilai rata-rata siswa hanya mencapai 58, siklus I meningkat menjadi 77 dan pada siklus II mencapai 85. Kesimpulan peneliti ini adalah melalui berbagai macam permainan lemparan sasaran dapat meningkatkan hasil lemparan datar permainan kasti pada siswa kelas IV SD N Kalipucang Kecamatan Grabag Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2015/2016. Saran penelitian ini pembelajaran dengan pendekatan yang lebih aktif dan bervariatif dapat digunakan sebagai alternatif dalam proses pembelajaran di sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bermain, Lemparan, Permainan Kasti, Lemparan Sasaran
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 02 Nov 2017 20:13
Last Modified: 02 Nov 2017 20:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27132

Actions (login required)

View Item View Item