UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN GERAK DASAR LARI MENGGUNAKAN PENDEKATAN PERMAINAN BOKER PADA SISWA KELAS III SD NEGERI PUCANG KECAMATAN SECANG KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2015 / 2016


SRI SUHARTI , 6102914040 (2016) UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN GERAK DASAR LARI MENGGUNAKAN PENDEKATAN PERMAINAN BOKER PADA SISWA KELAS III SD NEGERI PUCANG KECAMATAN SECANG KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2015 / 2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6102914040.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah: apakah pembelajaran menggunakan pendekatan permainan boker dapat meningkatkan hasil belajar gerak dasar lari pada siswa kelas III SD Negeri Pucang kecamatan Secang kabupaten Magelang tahu pelajaran 2015/ 2016?.Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil benajar siswa kelas III SD Negeri Pucang kecamatan Secang kabupaten Magelang tahun pelajaran 2015/ 2016 melalui pembelajaran gerak dasar lari menggunakan pendekatan permainan boker. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Pucang kecamatan Secang kabupaten Magelang, penelitian ini melibatkan semua siswa kelas III yang berjumlah 36 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi ( pengamatan ) dan refleksi. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan penilaian pengamatan sikap keaktifan siswa, penilaian ketuntasan hasil belajar, serta angket respon / tanggapan siswa. Hasil pengamatan proses pembelajaran pada siklus I yang kaitannya dengan guru prosentasenya sebesar 78% sedangkan yang kaitannya dengan sikap aktivitas siswa prosentase sebesar 70% dan pada siklus II hasil prosentase yang kaitannya dengan guru sebesar 92% sedangkan yang kaitannya dengan aktivitas siswa sebesar 88%, hal ini menunjukkan adanya peningkatan sebesar 14% yang kaitannya dengan guru dan 18% yang kaitannya dengan siswa. Pada siklus I ketuntasan hasil bejajar siswa melalui hasil penelitian memperoleh hasil sebesar 72.22% dan pada siklus II memperoleh sebesar 91.67%, ini menunjukkan peningkatan sebesar 19.45%. Dan hasil analisis angket respon siswa mendapat respon positif dari siswa, ini terlihat dari hasil angket respon yang hasilnya sebesar 82.78% jawaban siswa sangat setuju mengikuti pembelajaran.Ini dapat dikatakan bahwa siswa menyukai model pembelajaran yang disajikan. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah pembelajaran gerak dasar lari menggunakan pendekatan permainan boker mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Sedangkan saran dalam penelitian ini diharapkan bahwa pendekatan permainan boker bisa digunakan untuk pembelajaran dan guru diharapkan lebih inovatif, kreatif dalam memilih dan menerapkan metode serta media pembelajaran yang sesuai dengan materi pelajaran, sehingga kegiatan belajar mengajar dapat berjalan efektif dan menyenangkan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Gerak dasar lari menggunakan pendekatan permainan
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 02 Nov 2017 19:59
Last Modified: 02 Nov 2017 19:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27128

Actions (login required)

View Item View Item