PENINGKATAN HASIL BELAJAR SENAM LANTAI MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI NGARGORETNO 2 TAHUN PELAJARAN 2015/2016


SURYONO PRATIKTO , 6102914038 (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SENAM LANTAI MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI NGARGORETNO 2 TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6102914038.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Hasil pembelajaran senam lantai kelas IV semester 2 di SD Negeri Ngargoretno 2 tidak tuntas, hal ini dapat dilihat dari nilai harian pembelajaran senam lantai kelas IV semester 2 Tahun Pelajaran 2015/2016. Kemampuan siswa dalam penguasaan gerak senam lantai juga bisa dilihat dari nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) hanya 32 % atau 8 siswa yang tuntas, sedang 68 % atau 17 siswa belum tuntas sesuai KKM yang ditetapkan di SD Negeri Ngargoretno 2, Kecamatan Salaman nilai ketuntasan 75. Permasalahan dalam penelitian ini adalah aapakah dengan penggunaan pendekatan saintifik dapat meningkatkan hasil belajar senam lantai pada siswa kelas IV SD Negeri Ngargoretno 2, Kecamatan Salaman Tahun Pelajaran 2015/2016 ?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar senam lantai melalui pendekatan saintifik pada siswa kelas IV SD Negeri Ngargoretno 2, Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dalam pelaksanaannya terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus dilaksanakan satu kali pertemuan yang terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamaatan (observasi), dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Ngargoretno 2 Kecamatan Salaman yang berjumlah 25 siswa terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah unjuk kerja, tes, dan pengamatan. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus 1, aspek psikomotor tuntas 52%, tidak tuntas 48%, aspek kognitif tuntas 64%, dan tidak tuntas 36 %, aspek afektif tuntas 60 %, tdak tuntas 40%,. Hasil belajar secara klasikal pada siklus 1 tuntas 52 % dan tidak tuntas 48% , dari jumlah siswa 25 anak. Hasil penelitian pada siklus 2, aspek psikomotor tuntas 88%, tidak tuntas 12%, aspek kognitif tuntas 88%, tidak tuntas 12%, aspek afektif tuntas 84%, tidak tuntas 16%. Hasil belajar secara klasikal pada siklus 2 tuntas 88 % dan tidak tuntas 12% dari jumlah siswa kelas IV 25 anak. Berdasarkan hasil penelitian diatas, maka disimpulkan bahwa melalui pendekatan saintifik dalam pembelajaran senam lantai dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Ngargoretno 2 Tahun Pelajaran 2015/2016. Saran apabila guru penjaskes mengalami permasalahan yang sama dalam pembelajaran senam lantai tidak tuntas sesuai KKM yang ditetapkan, pendekatan saintifik bisa dijadikan alternatif pilihan untuk menyelesaikan permasalahan dalam pembelajaran senam lantai.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Senam Lantai, Pendekatan Saintifik
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 02 Nov 2017 19:52
Last Modified: 02 Nov 2017 19:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27127

Actions (login required)

View Item View Item