PENINGKATAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI MELALUI PENDEKATAN PERMAINAN MANUSIA BEREKOR PADA SISWA KELAS IV SDN SALAMKANCI 1 TAHUN 2016


SRI LANGGENG WAHYUNI , 6102914036 (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI MELALUI PENDEKATAN PERMAINAN MANUSIA BEREKOR PADA SISWA KELAS IV SDN SALAMKANCI 1 TAHUN 2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6102914036.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Hasil pembelajaran penjasorkes pada passing bawah bola voli di SDN Salamkanci 1 kurang optimal, hal ini dapat dilihat dari catatan hasil pembelajaran passing bawah permainan bola voli semester 2 tahun pembelajaran 2015 / 2016 mengenai kemampuan siswa dalam penguasaan gerak dasar passing bawah, juga bisa dilihat dari nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) hanya 42,9 % atau 6 anak dari 14 anak jumlah siswa kelas IV masih dibawah KKM dan 8 anak saja yang nilai KKMnya ≥ 75, dimana KKM penjasorkes kelas IV SD Negeri Salamkanci 1 adalah 75. Permasalahan yang ada apakah penggunaan metode pendekatan permainan manusia berekor dapat meningkatkan hasil belajar passing bawah bola voli ?. Adapun tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar passing bawah bola voli siswa melalui permainan manusia berekor pada mata pelajaran Penjasorkes di kelas IV SD Negeri Salamkanci 1 Kecamatan Bandongan Kabupaten Magelang Tahun 2016. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, Melalui Permainan Manusia Berekor yang berlangsung dua Siklus, Tiap Siklus satu kali pertemuan yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Salamkanci 1 kecamatan Bandongan Kabupaten Magelang yang berjumlah 14 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes unjuk kerja, pengolahan datanya menggunakan deskritif prosentase. . Berdasarkan Hasil penelitian pada siklus 1, aspek kognitif 85.71% soal terjawab,14.28% tidak terjawab, aspek afekif 80.95% sikap terpenuhi, 14.28% belum terpenuhi, aspek psikomotor 70.83 % indicator gerak dilakukan ,29.16% belum dilakukan . Hasil belajar siswa secara klasikal tuntas 10 siswa ( 71.42 %) dan tidak tuntas 4 siswa (28.57%). Pada hasil penelitian pada siklus 2, aspek kognitif 87.5 % soal terjawab, aspek afekif 83.3 % sikap terpenuhi ,aspek psikomotor 75.59 % indicator gerak dilakukan dan ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal 12 siswa ( 85.71%). Dalam penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan ketuntasan hasil belajar secara klasikal sebesar 14.29 % dari siklus 1, 71.42% meningkat menjadi 85.71 % pada siklus 2, dari 10 siswa jumlah kelas IV atau 71.42 % dan pada siklus 2 siswa yang tuntas 12 siswa atau 85.71% dan tidak tuntas hanya 2 siswa saja dari 14 siswa jumlah kelas IV atau 14.28 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Permainan Manusia Berekor dapat meningkatkan hasil pembelajaran passing bawah bola voli pada siswa kelas IV SDN Salamkanci 1 Kecamatan Bandongan Kabupaten Magelang. Saran setiap guru penjas hendaknya selalu menggunakan model pembelajaran yang inovatif dan kreatif salah satunya adalah dengan macam – macam permainan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Bola voli, Manusia Berekor
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 02 Nov 2017 19:46
Last Modified: 02 Nov 2017 19:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27125

Actions (login required)

View Item View Item