UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN LOMPAT JAUH MELALUI PERMAINAN JUMP-BANDUS SISWA KELAS IV SDN KALIGAYAM 03 KABUPATEN TEGAL TAHUN 2016


A. LATIP ARIS , 6102914032 (2016) UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN LOMPAT JAUH MELALUI PERMAINAN JUMP-BANDUS SISWA KELAS IV SDN KALIGAYAM 03 KABUPATEN TEGAL TAHUN 2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6102914032.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penulisan skripsi ini adalah adanya kendala/kesulitan siswa dalam melakukan proses pembelajaran lompat jauh khususnya pada tekhnik tolakan, mendarat dan juga hasil lompatan yang belum optimal. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: apakah pendekatan permainan jumpbandus dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas IV SD Negeri Kaligayam 03 Kecamatan Talang Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2015/2016?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya peningkatkan prestasi atau hasil belajar belajar dalam pembelajaran lompat jauh melalui permainan jump-bandus. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Kaligayam 03 kecamatan Talang kabupaten Tegal, penelitian ini melibatkan semua siswa kelas IV yang berjumlah 31 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi (pengamatan) dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan penilaian pengamatan sikap, keaktifan siswa, penilaian ketuntasan hasil belajar, serta angket respon/tanggapan siswa. Hasil pengamatan dan penilaian selama proses pembelajaran didapatkan bahwa persentase ketuntasan hasil belajar siswa melalui hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan yaitu siklus I mencapai 74 % dan siklus II mencapai 87%, ini ada peningkatan sebesar 13%. Dan hasil analisis angket respon siswa mendapat respon yang positif dari siswa. Ini terlihat dari rata-rata siswa sebanyak 78% menjawab dengan jawaban setuju. Ini dapat dikatakan bahwa siswa menyukai model pembelajaran yang disajikan. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah pembelajaran lompat jauh menggunakan pendekatan permainan jump-bandus mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Sedangkan saran dalam penelitian ini adalah siswa diharapkan untuk meningkatkan semangat belajar. Guru hendaknya terus berusaha untuk meningkatkan kemampuannya dan juga guru diharapkan lebih inovatif, kreatif dalam memilih dan menerapkan metode serta media pembelajaran yang sesuai dengan materi pelajaran, sehingga kegiatan belajar mengajar dapat berjalan efektif dan menyenangkan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Lompat Jauh melalui Permainan Jump-bandus
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar ( S1 )
O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 02 Nov 2017 19:41
Last Modified: 02 Nov 2017 19:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27123

Actions (login required)

View Item View Item