MODIFIKASI PEMBELAJARAN SHOOTING BOLA BASKET MELALUI PERMAINAN BOLA TEMBAK (BATEM) PADA SISWA KELAS VI MI JATIBARANG KIDUL 01 KECAMATAN JATIBARANG KABUPATEN BREBES TAHUNPELAJARAN 2015/2016


RAHMAT NURHIDAYANTO, 6102914031 (2016) MODIFIKASI PEMBELAJARAN SHOOTING BOLA BASKET MELALUI PERMAINAN BOLA TEMBAK (BATEM) PADA SISWA KELAS VI MI JATIBARANG KIDUL 01 KECAMATAN JATIBARANG KABUPATEN BREBES TAHUNPELAJARAN 2015/2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6102914031.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah tidak tercapainya hasil pembelajaran dalam Permainan Bola Basket. Masih banyak anak yang kurang memperhatikan materi yang diberikan oleh guru, anak masih bermalas-malasan, serta cepat merasa kecapaian dalam mengikuti pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah melaluipermainan Bola Tembakdapat meningkatkan hasil belajar Permainan Bola Basket pada siswa kelas VI MI JatibarangKidul 01 KecamatanJatibarangKabupatenBrebes. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Permainan Bola Basket melalui Bola Tembak dalam aspek kognitif, afektif dan psikomotor. Jenis penelitian ini adalah PTK pada siswa kelas VI MI JatibarangKidul 01 KecamatanJatibarangKabupatenBrebesyang berjumlah 30 siswa yang terdiri dari 15 siswa putra dan 15 Siswa Putri. Metode dalam penelitian tindakan kelas ini menggunakan data pengamatan secara langsung terhadap proses pembelajaran dengan teknik pengumpulan data, observasi, dokumentasi, serta tes tertulis dan praktek. Berdasarkan hasil penilaian data awal yang diperoleh, terdapat peningkatan pada hasil belajar siswa pada siklus I dan siklus II. Analisis presentase 20% dengan jumlah 30 siswa yang tuntas sebanyak 6 siswa pada pra siklus, kemudian menuju siklus I meningkat dengan presentase 30% dengan jumlah siswa yang tuntas 9 anak dan siklus II meningkat dengan presentase 86%, dengan siswa yang tuntas 26 anak. Penelitian ini berhasil dari indikator keberhasilan yang ditargetkan 85%. Dan dalam pembelajaran siswa menjadi lebih bersemangat dan tidak bermalas-malasan dengan metode Bola Tembak sehingga dalam pembelajaran aktivitas kebugaran jasmani melalui Bola Tembak mengalami ketuntasan. Kesimpulan dari hasil belajar penelitian ini adalah Bola Tembak dapat meningkatkan hasil belajar aktivitas kebugaran pada siswa kelas VI MI JatibarangKidul 01 KecamatanJatibarangKabupatenBrebes.Penelitian ini dapat digunakan sebagai alternatif penyampaian pembelajaran dalam dunia pendidikan. Sebaliknya pembelajaran Bola Tembak dapat dilaksanakan seperti apa yang telah direncanakan dengan karakteristik siswa Sekolah Dasar,sehingga dapat tercapai tujuan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Permainan Bola Basket, Bola Tembak
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 02 Nov 2017 19:37
Last Modified: 02 Nov 2017 19:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27122

Actions (login required)

View Item View Item