MENINGKATKAN PEMBELAJARAN LOMPAT TINGGI MELALUI PERMAINAN LABIRIN JUMP BAGI SISWA KELAS IV SD NEGERI WANGANDAWA 01 KABUPATEN TEGAL TAHUN 2016


EKA HARYANTO , 6102914029 (2016) MENINGKATKAN PEMBELAJARAN LOMPAT TINGGI MELALUI PERMAINAN LABIRIN JUMP BAGI SISWA KELAS IV SD NEGERI WANGANDAWA 01 KABUPATEN TEGAL TAHUN 2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6102914029.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Dalam pembelajaran lompat tinggi ada beberapa kendala yang terjadi di dalam proses pembelajaran terhadap siswa kelas IV SD Negeri Wangandawa 01 Kabupaten Tegal Tahun 2016. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah melalui penelitian tindakan kelas, membuat suatu model pembelajaran yang menarik bagi siswa dengan model pembelajaran pendekatan bermain. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah upaya peningkatan pembelajaran lompat tinggi melalui permainan labirin jump dapat meningkatkan hasil belajar lompat tinggi bagi siswa kelas IV SD Negeri Wangandawa 01 Kabupaten Tegal Tahun 2016? Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pembelajaran lompat tinggi melalui permainan labirin jump dapat meningkatkan hasil belajar bagi siswa kelas IV SD Negeri Wangandawa 01 Kabupaten Tegal Tahun 2016 dalam mata pelajaran pendidikan jasmani. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Wangandawa 01 Kabupaten Tegal, metode dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 23 siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari 4 tahap, meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu: metode observasi, metode dokumentasi, dan metode tes, serta angket respon/tanggapan siswa.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran gerak lompat tinggi dengan menggunakan permainan labirin jump dapat meningkatkan hasil belajar gerak lompat tinggi pada siswa kelas IV SDN Wangandawa 01 Kabupaten Tegal Tahun 2016. Dari hasil analisis diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dari siklus pertama hingga siklus kedua. Nilai rata-rata hasil belajar lompat tinggi pada siklus pertama (77,4) siklus kedua (81,2). Sehingga peningkatan hasil belajar dari siklus pertama hingga siklus kedua sebesar (3,8). Sedangkan jumlah siswa yang dinyatakan tuntas siklus pertama sebanyak 17 siswa (74%) dan siklus kedua 21 siswa (91%). Kesimpulan penelitian ini, bahwa pembelajaran lompat tinggi melalui permainan labirin jump bagi siswa kelas IV SD Negeri Wangandawa 01 Kabupaten Tegal Tahun 2016 dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Disarankan agar setiap guru hendaknya lebih kreatif dan inovatif dalam menerapkan metode untuk menyampaikan materi pembelajaran, dan tanggap dengan permasalahan yang muncul dalam pembelajaran dengan menciptakan berbagai model pembelajaran yang efektif, kreatif serta menyenangkan, guna tercapainya tujuan pendidikan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: permainan labirin jump, lompat tinggi
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 02 Nov 2017 19:35
Last Modified: 02 Nov 2017 19:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27121

Actions (login required)

View Item View Item