OPTIMALISASI PEMBELAJARAN LEMPAR TANGKAP BOLA PADA PERMAINAN KASTI MELALUI MODIFIKASI BOLKAPSAR BAGI SISWA KELAS IV SD NEGERI 01 KAMPIL KECAMATAN WIRADESA KABUPATEN PEKALONGAN TAHUN AJARAN 2015/2016


Muhammad Rizqon , 6102914027 (2016) OPTIMALISASI PEMBELAJARAN LEMPAR TANGKAP BOLA PADA PERMAINAN KASTI MELALUI MODIFIKASI BOLKAPSAR BAGI SISWA KELAS IV SD NEGERI 01 KAMPIL KECAMATAN WIRADESA KABUPATEN PEKALONGAN TAHUN AJARAN 2015/2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6102914027.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran permainan bola kecil sudah disukai oleh siswa namun penguasaan teknik lempar tangkap bola masih kurang sehingga kemampuan lempar tangkap bola masih rendah hanya 9 dari 26 siswa yang mencapai ketuntasan KKM 75. Pembelajaran melalui modifikasi permainan bolkapsar dapat memperbaiki proses dan meningkatkan hasil belajar lempar tangkap bola bagi Siswa Kelas IV SD Negeri 01 Kampil tahun ajaran 2015/2016 Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) dan dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 01 Kampil dengan jumlah 26 siswa yang terdiri dari 12 siswa putra dan 14 siswa putri. Sumber data berasal dari siswa. Teknik pengumpulan data dengan penilaian, dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan menggunakan teknik ketuntasan dengan persentase untuk melihat peningkatan hasil belajar antar siklus. Dari hasil penelitian terdapat peningkatan hasil belajar gerak dasar lempar tangkap bola pada siklus ke I diperoleh persentase ketuntasan hasil belajar aspek Afektif sebesar 26,92% dari observasi awal meningkat menjadi 76,92%. aspek kognitif pada siklus ke I sebesar 23,08% dari observasi awal meningkat menjadi 69,23% Sedangkan untuk hasil belajar aspek Psikomotor pada siklus ke I sebesar 34,61% dari observasi awal meningkat menjadi 73,08%. Pada Siklus II hasil belajar aspek Afektif dari 76,92 % menjadi 92,31%, aspek Kognitif 69,3% menjadi 88,56%, aspek psikomotor dari 73,08% menjadi 88,46%. Dengan melihat indikator keberhasilan persentase ketuntasan klasikal sebesar 84,61% maka pada siklus II telah tercapai hasil belajar yang diinginkan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa melalui permainan Bolkapsar dapat memperbaiki proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar lempar tangkap bola bagi siswa kelas IV SD Negeri 01 Kampil Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan Tahun ajaran 2015 / 2016. Penulis menyarankan agar guru pendidikan jasmani Sekolah Dasar dalam meningkatkan hasil belajar lempar tangkap bola dapat memanfaatkan media pembelajaran melalui permainan bolkapsar dan bila ingin menambah variasi bisa disesuaikan dengan kondisi yang ada di lingkungan sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, Lempar tangkap, Bolkapsar
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 02 Nov 2017 19:32
Last Modified: 02 Nov 2017 19:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27120

Actions (login required)

View Item View Item