PEMBELAJARAN SENI MUSIK PADA SISWA KELAS VII A SMP N 9 SEMARANG KAJIAN TENTANG STRATEGI PENGGUNAAN METODE DAN MEDIA CERITA PENDEK


Nicodemus Danang Widi Priyandaru , 2503405023 (2011) PEMBELAJARAN SENI MUSIK PADA SISWA KELAS VII A SMP N 9 SEMARANG KAJIAN TENTANG STRATEGI PENGGUNAAN METODE DAN MEDIA CERITA PENDEK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PEMBELAJARAN SENI MUSIK PADA SISWA KELAS VII A SMP N 9 SEMARANG KAJIAN TENTANG STRATEGI PENGGUNAAN METODE DAN MEDIA CERITA PENDEK]
Preview
PDF (PEMBELAJARAN SENI MUSIK PADA SISWA KELAS VII A SMP N 9 SEMARANG KAJIAN TENTANG STRATEGI PENGGUNAAN METODE DAN MEDIA CERITA PENDEK) - Published Version
Download (747kB) | Preview

Abstract

Salah satu keberhasilan dalam pembelajaran di sekolah yaitu adanya peran metode dan media, untuk itu diperlukan adanya strategi penggunaan metode dan media dalam pembelajaran sehingga peran metode dan media dapat dilaksanakan dengan tepat. Salah satu metode dan media yang di gunakan adalah metode dan media cerita pendek. Dalam penelitian ini masalah yang diangkat adalah (1).Bagaimana strategi penggunaan metode dalam pembelajaran musik pada siswa kelas VIIIA SMP Negeri 9 semarang? (2).Bagaimana strategi penggunaan media cerita pendek dalam pembelajaran musik pada siswa kelas VIIIA SMP Negeri 9 semarang? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan strategi penggunaan metode dan cerita pendek sebagai media dalam pembelajaran musik pada siswa kelas VIIIA SMP Negeri 9 Semarang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif yang menghasilkan data deskriptif tentang “Strategi Penggunaan Metode Dan Cerita Pendek Sebagai Media Dalam Pembelajaran Musik Pada Siswa Kelas VIIIA SMP Negeri 9 Semarang”.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data diperiksa dengan teknik pemeriksaan keabsahan data, kemudian data dianalisis dengan cara reduksi data,penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi penggunaan metode dan media cerita pendek dalam pembelajaran musik pada siswa kelas VIIIA SMP Negeri 9 Semarang masih menggunakan strategi yang lazim digunakan yaitu dengan memadukan strategi penggunaan metode dan media dalam pembelajaran musik. Metode-metode tersebut yaitu metode ceramah dan tanya jawab, metode demonstrasi, metode latihan, dan metode tugas. Metode-metode tersebut masingmasing memiliki 2 tahapan yaitu tahap persiapan dan tahap pelaksanaan, sedangkan media tersebut yaitu media cerita pendek, Media cerita pendek ini juga memiliki 2 tahapan yaitu : (a). tahap persiapan sebelum menggunakan media yaitu membuat media yang sesuai dengan tujuan intruksional dan alat yang akan dipergunakan dalam kegiatan pembelajaran. (b). tahap selama menggunakan media yaitu guru mengajak para siswa untuk memperhatikan serta fokus terhadap materi yang diberikan guru melalui media pembelajaran tersebut. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan tentang Strategi Penggunaan Metode Dan Cerita Pendek Sebagai Media Dalam Pembelajaran Musik Pada Siswa Kelas VIIIA SMP Negeri 9 Semarang, saran yang dapat diberikan adalah sebagai berikut: (a). Guru perlu memperhatikan mengenai nilai ketuk dan penjelasan pada nada diatonis dan pentatonis. (b). Dalam memberi tugas materi musik daerah yang di berikan kepada siswa, guru seharusnya memberikan partitur lagu campursari menurut cerita pendek yang di sampaikan kepada siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, musik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 06 Jun 2011 05:35
Last Modified: 25 Apr 2015 04:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2712

Actions (login required)

View Item View Item