UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LEMPAR TURBO MELALUI PERMAINAN TEMBAK SASARAN PADA SISWA KELAS V SDN 2 KARANGANYAR PATIKRAJA KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2016


Winarti , 6102914026 (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LEMPAR TURBO MELALUI PERMAINAN TEMBAK SASARAN PADA SISWA KELAS V SDN 2 KARANGANYAR PATIKRAJA KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6102914026.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah’’ Apakah upaya meningkatkan hasil belajar lempar turbo melalui permainan tembak sasaran pada siswa kelas V SD Negeri 2 Karanganyar Patikraja Kabupaten Banyumas Tahun 2016?’’. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar lempar turbo pada siswa kelas V SDN 2 Karanganyar Patikraja Kabupaten BanyumasTahun 2016 melalui permainant embak sasaran Penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas , yang terdiri dari dua siklus dan tiap siklusnya terdiri dari empat kegiatan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi , dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas 5 SD Negeri 2 Karanganyar tahun pelajaran 2015/2016 sejumlah 15 siswa yang terdiri dari 10 siswa putra dan 5 siswa putri. Data hasil belajar lempar turbo diperoleh melalui tes unjuk kerja,tes tertulis, dan lembar observasi digunakan untuk mengumpulkan data kegiatan siswa di dalam mengikuti proses pembelajaran lempar turbo melalui permainan tembak sasaran dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan permainan tembak sasaran hasil belajar siswa materi pembelajaran lempar turbo meningkat.Dari hasil penilaian tersebut, terdapat peningkatan yang signifikan dari kondisi siklus I ke siklus II.Hasil belajar lempar turbo yang diperoleh siklus I adalah 8 siswa atau prosentase ketuntasan 53,33%. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 13 siswa atau presentase ketuntasan 86,7%.Sehingga peningkatan dari siklus I hingga siklus II sebesar 33,37% atau 5 siswa dari siswa keseluruhan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa permainan tembak sasaran dapat meningkatkan hasil belajar lempar turbo siswa kelas V SD Negeri 2 Karanganyar Patikraja. Saran yang dapat peneliti sampaikan adalah : 1) guru harus lebih kreatif dalam menghadapi keterbatasan alat pembelajaran yang tersedia disekolah, 2) memberikan kesempatan semaksimal mungkin kepada siswa untuk aktif sehingga pembelajaran dapat berlangsung dengan lancar dan menyenangkan. Sekolah hendaknya memiliki kebijakan untuk menyediakan alat pembelajaran yang memadai serta memberikan fasilitas bagi kreatifitas guru dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Lempar Turbo, Pemainan Tembak Sasaran
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 02 Nov 2017 19:29
Last Modified: 02 Nov 2017 19:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27119

Actions (login required)

View Item View Item