MENINGKATKAN GERAK DASAR PASSING ATAS PADA PEMBELAJARAN BOLA VOLI SISWA KELAS V SD NEGERI KETILENG 01 KECAMATAN KRAMAT KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2015/2016


SATRIO ABDI , 6102914022 (2016) MENINGKATKAN GERAK DASAR PASSING ATAS PADA PEMBELAJARAN BOLA VOLI SISWA KELAS V SD NEGERI KETILENG 01 KECAMATAN KRAMAT KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6102914022.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penulisan skripsi ini adalah tidak tercapainya hasil pembelajaran passing atas dalam bola voli karena kekhawatiran siswa dan takut terkilir dalam mempelajari passing atas. Permasalahan yang menjadi perhatian dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan hasil pembelajaran passing atas dalam bola voli siswa kelas V SD Negeri Ketileng 01 Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal Tahun 2015/2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar passing atas bola voli siswa kelas V SD Negeri Ketileng 01 Tahun 2015/2016 dilihat dari aspek Psikomotor,Afektif dan Kognitif. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), sumber data dalam penelitian ini seluruh siswa kelas V SD Negeri Ketileng 01. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Ketileng 01 yang berjumlah 20 siswa yang terdiri atas 14 siswa laki-laki dan 6 siswa putri. Obyek penelitian ini adlah pembelajaran gerak dasar passing atas melalui pendekatan permainan dorong tangkap. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi pelaksanaan pembelajaran, lembar hasil belajar, angket siswa, dan tes unjuk kerja siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, Hasil penelitian pada kondisi awal siswa yang memperoleh nilai KKM hanya 12 siswa (60%) setelah dilakukan penilaian tindakan kelas dengan penerapan pendekatan metode permainan dorong tangkap meningkat menjadi 17 siswa (85%). Hal ini menunjukan bahwa penerapan metode bermain dorong tangkap berhasil meningkat hasil pembelajaran pada siswa kelas V SD Negeri Ketileng 01 Tahun Pelajaran 2015/2016 materi passing atas bola voli. Simpulan dalam skripsi ini adalah melalui permainan dorong tangkap hasil belajar passing atas bola voli mengalami peningkatan. Beberapa saran dari peneliti bagi siswa agar selalu semangat dalam mengikuti pembelajaran apapun materinya dan untuk guru harus bisa lebih kreatif dalam menciptakan metode pembelajaran yang sederhana dan mudah dipahami siswa, permainan dorong tangkap bisa dipakai guru penjasorkes yang lain dalam pembelajaran passing atas bola voli, bagi sekolah hendaknya mendukung kegiatan pembelajaran dengan menyediakan sarana dan prasarana yang memadai.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar,Teknik Dasar Passing atas,Permainan Dorong Tangkap
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 02 Nov 2017 19:26
Last Modified: 02 Nov 2017 19:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27118

Actions (login required)

View Item View Item