MENINGKATKAN KETERAMPILAN GERAK DASAR BOLA BASKET MENGGUNAKAN MEDIA JARING LABA-LABA PADA SISWA KELAS V SDN CIANDONG KECAMATAN PATIKRAJA KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2016


SIGIT PIRNGADHI , 6102914021 (2016) MENINGKATKAN KETERAMPILAN GERAK DASAR BOLA BASKET MENGGUNAKAN MEDIA JARING LABA-LABA PADA SISWA KELAS V SDN CIANDONG KECAMATAN PATIKRAJA KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6102914021.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penulisan penelitian ini adalah adanya kompetensi yang hasilnya kurang optimal, kurangnya minat siswa dan kurangnya sarana dan prasarana dalam pemebelajaran keterampilan gerak dasar bola basket di SD Negeri Ciandong Kecamatan Patikraja Kabupaten Banyumas. Dari latar belakang itu, dapat disimpulkan bahwa rumusan masalahnya adalah Apakah peningkatan keterampilan gerak dasar bola basket menggunakan media jaring laba-laba pada siswa kelas V SD Negeri Ciandong Kecamatan Patikraja Kabupaten Banyumas?. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dan pelaksanaan dilakukan dengan menggunakan dua siklus. Dengan tahapan tiap siklus adalah perencanaan, tindakan, pengamatan (observasi), dan refleksi. Siklus I dilaksanakan pada hari Senin tanggal 15 Maret 2016 dan siklus II dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 29 Maret 2016. Hasil penelitian pada penelitian meningkatkan keterampilan gerak dasar bola basket menggunakan media jaring laba-laba pada siswa kelas V SD Negeri Ciandong Kecamatan Patikraja Kabupaten Banyumas menunjukan peningkatan hasil pengamatan keaktifan siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 56,25% dari 37,50% menjadi 93,75%. Hasil evaluasi pengetahuan siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 43,75% dari 43,75% menjadi 87,50%. Hasil pengamatan keterampilan siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 50,00% dari 37,50% menjadi 87,50%. Dan hasil ketuntasan siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 50,00% dari 37,50% menjadi 87,50%. Simpulan dalam penelitian ini adalah keterampilan gerak dasar bola basket menggunakan media jaring laba-laba dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam permainan bola basket pada siswa kelas V SD Negeri Ciandong. Saran untuk siswa adalah tingkatkan semangat belajar dan kembangkanlah potensi dan skill yang dimiliki. Untuk guru adalah gunakan media jaring laba-laba, ciptakanlah pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, menyenangkan, gembira dan berbobot, serta manfaatkan alat peraga dari alam sekitar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan, bola basket, media jaring laba-laba
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 02 Nov 2017 19:21
Last Modified: 02 Nov 2017 19:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27117

Actions (login required)

View Item View Item