MENINGKATKAN PEMBELAJARAN PASSING BOLA BASKET MELALUI PENDEKATAN PERMAINAN BASSO SISWA KELAS V MI NU 01 PACUL KABUPATEN TEGAL TAHUN 2016


BILAL UDIN AKBAR , 6102914020 (2016) MENINGKATKAN PEMBELAJARAN PASSING BOLA BASKET MELALUI PENDEKATAN PERMAINAN BASSO SISWA KELAS V MI NU 01 PACUL KABUPATEN TEGAL TAHUN 2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6102914020.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Teknik dalam melakukan permainan bola basket untuk di terapkan dalam siswa/siswi mengalami kesulitan karena dalam teknik tersebut membutuhkan kecepatan, kelincahan dan akurasi yang cukup tinggi. Sedangkan untuk karakteristik siswa/siswi tingkat SD/MI belum bisa memenuhi hal tersebut. Apalagi dalam melakukan passing selalu mengalami kesulitan, yaitu ketidak tepatan operan serta penangkapan operan. Karakteristik siswa/siswi SD/MI juga masih individualisme dan kurangnya kerjasama dengan team. Keterbatasan sarana dan prasarana menjadikan proses pembelajaran bola basket tidak dapat berjalan. Untuk melakukan pendekatan teknik tersebut melalui permainan modifikasi yaitu permainan basso. Basso adalah permainan yang menggunakan bola besar seperti bola basket dan bola voli, yang dibawa melintasi line (garis penjaga) tanpa tersentuh lawan atau penjaga. Permainan basso adalah permainan modifikasi dari permainan bola basket dan gopak sodor. Pembelajaran dilakukan dalam dua siklus. Model pembelajaran siklus I dengan dengan satu bola dan siklus dua dengan dua bola dengan lebar lapangan lebih sempit. Hasil penilaian pembelajaran passingbola basket dinilai dalam aspek psikomotor, afektif dan kognitif.Hasil tes ketrampilan passing bola basket pada siklus I dengan model pembelajaran modifikasi permainan basso yang dilaksanakan pada hari kamis tanggal 24 dan 31 maret 2016. Hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menunjukan perkembangan yang cukup baik. Peningkatan penilaian pada aspek psikomotor meningkat dari awal pembelajaran dengan nilai rata-rata 68 meningkat dengan rata-rata 72 pada siklus I dan 75 pada siklus II. Peningkatan penilaian pada aspek kognitif meningkat dari awal pembelajaran dengan nilai rata-rata 68 meningkat dengan nilai rata-rata 72 pada siklus I dan 80 pada siklus II. Peningkatan Efektifitas pembelajaran meningkat dari awal pembelajaran 70 meningkat dengan rata-rata 75 pada siklus I dan 79 pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitiandapat diketahui permainan modifikasi bola basket dengan basso atau gopak sodor dapat meningkatkan keterampilan passing dalam permainan bola basket pada siswa kelas V MI NU 01 Pacul Kecamatan Talang Kabupaten Tegal Tahun 2015/2016. Saran : 1) Guru diharapkan menggunakan metode, media dan sumber belajar yang dapat mempengaruhi minat siswa untuk belajar. 2) Guru seringkali melakukan penelitian tindakan kelas untuk dapat mengetahui kesulitan belajar siswa dan mampu mengatasinya, sehingga prestasi siswa akan meningkat. 3) Sekolah hendaknya menyediakan alat peraga yang dapat membantu tercapainya tujuan pendidikan. 4) Guru dapat memanfaatkan alat peraga yang berasal dari lingkungan sekitar sehingga mudah diperoleh dengan biaya yang murah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Permainan Bola basket, Permainan Basso
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 02 Nov 2017 18:28
Last Modified: 02 Nov 2017 18:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27116

Actions (login required)

View Item View Item