MENINGKATKAN STIMULASI GERAK DASAR LOMPAT MENGGUNAKAN MEDIA BERTAHAP PADA SISWA KELAS III SDNEGERI TANJUNGHARJA 01 KECAMATAN KRAMAT KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Slamet Riyadi , 6102914018 (2016) MENINGKATKAN STIMULASI GERAK DASAR LOMPAT MENGGUNAKAN MEDIA BERTAHAP PADA SISWA KELAS III SDNEGERI TANJUNGHARJA 01 KECAMATAN KRAMAT KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6102914018.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (961kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penulisan skripsi ini adalah tidak tercapainya hasil pembelajaran lompat jauh karena kurang ketertarikan dengan lompat jauh, siswa lebih tertarik dengan cabang olahraga permainan. Permasalahan yang menjadi perhatian dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan hasil pembelajaran lompat melalui media ban bekas secara bertahap pada siswa kelas III SD Negeri Tanjungharja 01 Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal Tahun 2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar lompat dengan media ban bekas secara bertahap pada siswa SD Negeri Tanjungharja 01 Tahun 2016 dilihat dari aspek kognitif, afektif dan psikomotor. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), sumber data dalam penelitian ini seluruh siswa kelas III SD Negeri Tanjungharja 01. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri Tanjungharja 01 yang berjumlah 29 siswa yang terdiri atas 10 siswa laki-laki dan 19 siswa putri. Teknik analisis data menggunakan penilaian lembar observasi aktivitas guru, penilaian lembar aktivitas siswa, instrumen analisis gerak dasar serta tes praktik. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, terdapat peningkatan pada hasil belajar siswa pada siklus I dan siklus II. Pada siklus I aktivitas siswa sebesar 3,6 sedangkan pada siklus II mencapai 4,7 dengan kriteria baik. Nilai rata-rata siswa pada Siklus I 77,52 dan 78,83 pada siklus II bisa dikategorikan tuntas. Juga dapat dilihat dari KKM 74 yang memiliki nilai diatas KKM sebanyak 21 orang (72%) pada siklus I sedangkan pada siklus II naik menjadi 25 siswa (86%). Penentuan indikator keberhasilan dalam belajar yaitu 85%, sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa kegiatan pembelajaran mengalami ketuntasan. Kesimpulan dalam skripsi ini adalah melalui media bertahap hasil belajar lompat mengalami peningkatan. Beberapa saran dari peneliti bagi siswa agar selalu semangat dalam mengikuti pembelajaran apapun materinya dan untuk guru harus bisa lebih kreatif dalam menciptakan metode pembelajaran yang sederhana dan mudah dipahami siswa,media ban bekas bisa dipakai guru penjas yang lain dalam pembelajaran lompat, bagi sekolah hendaknya mendukung kegiatan pembelajaran dengan menyediakan sarana dan prasarana yang memadai.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Lompat sasaran, pembelajaran, pendekatan bermain
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 02 Nov 2017 18:25
Last Modified: 02 Nov 2017 18:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27115

Actions (login required)

View Item View Item