UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SERVIS DALAM PEMBELAJARAN PERMAINAN TENIS MEJA MELALUI MEDIA TARSAN PADA SISWA KELAS V SDN MARGADANA 2 KOTA TEGAL TAHUN 2016
ABDUL CHARIS, 6102914014 (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SERVIS DALAM PEMBELAJARAN PERMAINAN TENIS MEJA MELALUI MEDIA TARSAN PADA SISWA KELAS V SDN MARGADANA 2 KOTA TEGAL TAHUN 2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (3MB) | Preview |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah masih siswa banyak yang belum mampu melakukan teknik dasar tenis meja, selain itu banyak dari siswa yang belum tuntas KKM dengan nilai KKM 75. Rumusan masalah berdasarkan latar belakang adalah sebagai berikut : Apakah penerapan media TARSAN dapat meningkatkan hasil pembelajaran tenis meja pada siswa kelas V SD Negeri Margadana 2 penelitian ini adalah untuk mengetahui: peningkatan hasil belajar tenis meja pada siswa kelas V SD Negeri Margadana 2 Tahun Pelajaran 2015 / 2016 melalui penerapan modifikasi alat pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus mempunyai 4 langkah yaitu: Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, dan Refleksi. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Margadana 2 Tegal Tahun Pelajaran 2015 / 2016 berjumlah 24 siswa, tahun pelajaran 2015/2016. 10 siswa putra dan 14 siswa putri. Teknik pengumpulan data dengan observasi, tes kemampuan, dan penelitian hasil belajar Bermain Tenis Meja. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah secara statistic deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian bahwa Pembelajaran melalui penerapan modifikasi alat pembelajaran, dapat meningkatkan hasil belajar tenis meja pada siswa kelas V SD Negeri Margadana 2Kota Tegal. Dari hasil analisis yang diperoleh terjadi peningkatan yang sangat signifikan dari siklus I dan siklus II. Hasil belajar pada siklus I dalam kategori tuntas adalah 42,86% dan pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar siswa dalam kategori tuntas sebesar 80,95%. Maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran tenis meja melalui media TARSAN dapat meningkatkan hasil belajar siswa SD Negeri Margadana 2 Kota Tegal. Dari hasil analisis yang diperoleh peningkatan yang signifikan dari siklus I dan siklus II. Beberapa saran, khususnya pada guru SD Negeri Margadana 2sebagai berikut : Guru hendaknya lebih inovatif dalam menyampaikan materi pembelajaran. Guru hendaknya memberikan pembelajaran kepada siswa dengan permainan yang sederhana tetapi mengandung unsur materi, agar siswa tidak jenuh dalam mengikuti pembelajaran. Guru hendaknya memberikan modifikasi alat pembelajaran yang sederhana, efisien, efektif, dan tidak memerlukan biaya mahal untuk membuatnya yang dapat dilihat atau dipegang langsung oleh siswa, karena dapat memotivasi siswa untuk selalu mencoba dan mengulangi secara terus menerus.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Servis, TARSAN, Tenis Meja |
Subjects: | O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 ) O Sport > Ilmu Keolahragaan O Sport > Education, Training, Research |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1 |
Depositing User: | Users 7 not found. |
Date Deposited: | 02 Nov 2017 18:22 |
Last Modified: | 02 Nov 2017 18:22 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27114 |
Actions (login required)
View Item |