MENINGKATKAN PEMBELAJARAN LEMPAR BOLA MELALUI PERMAINANLEMPAR SASARAN PADA SISWA KELAS III SD NEGERI DAWUHAN KABUPATEN TEGAL TAHUN 2016


KRESNO ONY SETIAWAN , 6102914013 (2016) MENINGKATKAN PEMBELAJARAN LEMPAR BOLA MELALUI PERMAINANLEMPAR SASARAN PADA SISWA KELAS III SD NEGERI DAWUHAN KABUPATEN TEGAL TAHUN 2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6102914013.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah tidak tercapainya hasil pembelajaran materi lempar bola yang diidentifikasikan terjadi karena kurang antusiasnya siswa dalam mengikuti pembelajaran akibat keterbatasan sarana yang dimiliki sekolah. Permasalahan yang menjadi fokus perhatian peneliti adalah bagaimana upaya meningkatkan pembelajaran lempar bola pada siswa kelas III SD Negeri Dawuhan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan melempar, bola kasti pada kelas III SD Negeri Dawuhan Kecamatan Talang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2015 / 2016. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah kelas III SD Negeri Dawuhan yang terdiri atas 20 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Pendekatan yang digunakan dengan metode bermain. Instrumen penelitian adalah tes kemampuan melempar bola pada sasaran. Teknik pengambilan data menggunakan teknik tes.Teknik analisis data yang digunakan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas III SD Negeri Dawuhan Kecamatan Talang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2015 / 2016, dari 34 siswa yang tingkat kemampuan melempar sebagian besar dalam kategori baik pada kondisi awal hanya 16 siswa (47,06%) meningkat menjadi 29 siswa (85,29%). Hal ini menunjukkan bahwa penerapan metode bermain berhasil meningkatkan hasil pembelajaran pada siswa kelas III SD Negeri Dawuhan Kecamatan Talang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2015 / 2016 materi lempar bola. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penerapan metode permainan lempar sasaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi lempar bola baik dari segi afektif, kognitif, psikomotor maupun efektifitas pembelajaran. Saran peneliti, guru harus kreatif dalam menciptakan model dan menerapkan metode pembelajaran agar hasil belajar siswa tercapai ketuntasannya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Permainan Lempar Sasaran, Lempar Bola
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 02 Nov 2017 18:19
Last Modified: 02 Nov 2017 18:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27113

Actions (login required)

View Item View Item