MENINGKATKAN PEMBELAJARAN PASSING SEPAKBOLA MELALUI MODIFIKASI PERMAINAN CROSSBAR COLOUR PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KERTAYASA 02 KECAMATAN KRAMAT KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2015/2016


FERY ARDIANTO , 6102914012 (2016) MENINGKATKAN PEMBELAJARAN PASSING SEPAKBOLA MELALUI MODIFIKASI PERMAINAN CROSSBAR COLOUR PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KERTAYASA 02 KECAMATAN KRAMAT KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6102914012.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penulisan skripsi ini adalah tidak tercapainya hasil pembelajaran passing pada sepakbola karena siswa tidak bersungguh-sungguh dan kurang antusias dalam mempelajari teknik dasar passing pada sepakbola. Permasalahan yang menjadi perhatian dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan hasil pembelajaran passing sepakbola melalui permainan crossbar colour pada siswa kelas V SD Negeri Kertayasa 02 Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal Tahun 2015/2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar passing sepakbola melalui modifikasi permainan crossbar colour pada siswa kelas V SD Negeri Kertayasa 02 Tahun 2015/2016 dilihat dari aspek psikomotor,afektif dan kognitif. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), sumber data dalam penelitian ini seluruh siswa kelas V SD Negeri Kertayasa 02. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Kertayasa 02 yang berjumlah 28 siswa yang terdiri atas 17 siswa laki-laki dan 11 siswa putri. Obyek penelitian ini adalah pembelajaran teknik dasar passing sepakbola melalui modifikasi permainan crossbar colour. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi pelaksanaan pembelajaran, lembar hasil belajar, dan tes unjuk kerja siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, Hasil penelitian pada kondisi awal siswa yang memperoleh nilai KKM hanya 12 siswa (42,86%) setelah dilakukan penilaian tindakan kelas dengan penerapan pendekatan metode modifikasi permainan crossbar colour meningkat menjadi 24 siswa (85,71%). Hal ini menunjukan bahwa penerapan metode bermain crossbar colour berhasil meningkat hasil pembelajaran pada siswa kelas V SD Negeri Kertayasa 02 Tahun Pelajaran 2015/2016 materi passing pada sepakbola. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran passing sepakbola melalui modifikasi permainan crossbar colour mempunyai pengaruh positif, yaitu dapat meningkatkan minat dan motivasi siswa mengalami peningkatan. Saran dari peneliti bagi guru harus bisa lebih kreatif dalam menciptakan metode pembelajaran yang sederhana dan mudah dipahami siswa,bisa, bagi sekolah hendaknya mendukung kegiatan pembelajaran dengan menyediakan sarana dan prasarana yang memadai, sehingga mutu pendidikan dapat di tingkatkan sesuai dengan standar kompetensi sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar,Teknik Dasar Passing pada sepakbola, Permainan Crossbar Colour
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 02 Nov 2017 18:17
Last Modified: 02 Nov 2017 18:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27112

Actions (login required)

View Item View Item