PEMBELAJARAN PASSING BAWAH BOLA VOLI MINI MELALUI PERMAINAN BOLA STATIS DAN DINAMIS PADA SISWA KELAS IV SDN BONGKOK 02 KECAMATAN KRAMAT KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Dharmawan Arifianto , 6102914011 (2016) PEMBELAJARAN PASSING BAWAH BOLA VOLI MINI MELALUI PERMAINAN BOLA STATIS DAN DINAMIS PADA SISWA KELAS IV SDN BONGKOK 02 KECAMATAN KRAMAT KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6102914011.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang masalah yaitu rendahnya hasil belajar Passing bawah bola voli mini siswa masih merasa takut dan kesakitan lengan tangannya ketika melakukan Passing bawah. “Bagaimana cara meningkatkan Hasil Belajar Passing bawah bola voli mini menggunakan permainan bola statis dan dinamis pada siswa kelas IV (empat) SD Negeri Bongkok 02 Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal?” Sebagai langkah awal upaya pendidikan, kami berharap pendidikan jasmani dan olahraga di lembaga pendidikan SD Negeri Bongkok 02 dapat berkembang lagi agar dapat mampu menjadi landasan bagi pembinaan keolahragaan nasional. Oleh sebab itu, pembinaan sikap dan dorongan motivasi mulai terus dilaksanakan pada setiap jenjang pendidikan. Penelitian Tindakan Kelas ini dalam pelaksanaan terdiri dari 2 siklus sebagai Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Bongkok 02 Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 32, siswa laki-laki 18 dan perempuan 14 siswa. Setiap siklus dilakukan dalam 4 tahap, meliputi perencanaan, pelaksanaan atau tindakan, observasi, dan refleksi dengan materi bola voli. Hasil penelitian berdasarkan analisis persentase dari siklus 1 dengan presentase 53% dan pada siklus 2 88% sehingga meningkat 35% dengan demikian dari hasil presentase tersebut dapat menunjukan bahwa penilaian ini berhasil sesuai dengan yang diharapkan yaitu dengan target 88%. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukan bahwa permainan bola statis dan dinamis sebagai salah satu media yang menarik untuk menciptakan siswa belajar aktif dan dapat meningkatkan pembelajaran passing bawah bola voli mini pada siswa kelas IV SD Negeri Bongkok 02 Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2015/2016. Saran Guru penjasorkes hendaknya siswa dengan guru atau siswa dengan siswa dapat berinteraksi dengan baik dan terjalin suasana pembelajaran yang nyaman dengan dibutikan keaktifan belajar siswa secara keseluruhan dan bisa meningkatkan hasil belajar yang baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Passing Bawah bola voli mini melalui permainan bola statis dan dinamis
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 02 Nov 2017 18:14
Last Modified: 02 Nov 2017 18:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27111

Actions (login required)

View Item View Item