UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN GERAK LOKOMOTOR MELALUI PERMAINAN SHADOW EFFECT PADA SISWA KELAS 1 SD N BABADAN 01 LIMPUNG KABUPATEN BATANG TAHUN 2016


Retno Prabowo , 6102914007 (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN GERAK LOKOMOTOR MELALUI PERMAINAN SHADOW EFFECT PADA SISWA KELAS 1 SD N BABADAN 01 LIMPUNG KABUPATEN BATANG TAHUN 2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6102914007.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan hasil belajar gerak lokomotor yang kurang dan dibawah KKM. Belajar gerak lokomotor bagi siswa kelas 1 dianggap sangat membosankan dan monoton, selain itu juga siswa kelas 1 SDN Babadan 01 masih banyak yang berumur 6 tahun, bahkan ada 2 anak yang berumur dibawah 6 tahun, sehingga masih membutuhkan penyesuaian diri dari Taman Kanak-kanak ke Sekolah Dasar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan gerak lokomotor permainan sederhana Shadow Effect pada siswa kelas 1 SD Negeri Babadan 01 Limpung, Kabupaten Batang tahun 2016 dengan memanfaatkan benda dan lingkungan sekitar. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus mempunyai 4 langkah yaitu: Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, dan Refleksi. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas I SD Negeri Babadan 01 tahun 2016 yang berjumlah 18 siswa, terdiri atas 9 siswa putra dan 9 siswa putri. Teknik pengumpulan data dengan observasi, tes kemampuan, dan penelitian hasil belajar gerak lokomotor melalui permainan shadow effect. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah secara statistik dengan Teknik Deskriptif Persentase. Peneliti mendapatkan data sebagai berikut: hasil belajar gerak lokomotor siswa kelas 1 SD N Babadan 01 Limpung, Kabupaten Batang tahun 2016 pada siklus I dalam kategori tuntas adalah 11,11% atau siswa yang tuntas adalah 2 siswa dari 18 siswa. Pada siklus II terjadi peningkatan persentase hasil belajar siswa dalam kategori tuntas sebesar 88,85%, atau siswa yang tuntas adalah 16 siswa dari 18 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui permainan sederhana, dapat meningkatkan hasil belajar gerak lokomotor pada siswa kelas I SD Negeri Babadan 01 tahun 2016, dari hasil analisis diperoleh peningkatan yang signifikan dari siklus I dan siklus II. Saran khusus kepada guru adalah hendaknya lebih kreatif, inovatif, dan menyenangkan dengan menerapkan permainan sederhana yang mengandung unsur materi, mudah dipahami, dan memanfaatkan media yang mudah ditemui dalam menyampaikan materi pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Gerak Lokomotor, Permainan Shadow Effect
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 02 Nov 2017 18:10
Last Modified: 02 Nov 2017 18:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27110

Actions (login required)

View Item View Item